Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Layanan Prima

TETAP SIAPKAN LAYANAN: BPJS Kesehatan tetap memberikan layanan prima selama libur lebaran 2019.

BPJS Kesehatan memberikan jaminan untuk tetap memberikan layanan prima selama libur lebaran 2019.

IKLAN

Yakni mulai 29 Mei – 13 Juni 2019, peserta JKNKIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan. Bukan hanya di fasilitas kesehatan yang dipilih selama ini, tetapi juga saat peserta mudik ke luar kota.

Ini komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS. “Peserta JKN-KIS yang mudik dan membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Antokalina Sari Verdiana.

Layanan itu diperoleh dari faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. “Untuk faskes ini dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” jelas Anto.

Jika tidak terdapat FKTP memberikan pelayanan libur lebaran atau di luar jam buka layanan, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. “Pada kondisi gawat darurat, seluruh faskes wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS,” terangnya.

Asalkan peserta mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku dan tindakan medis berdasarkan indikasi medis. Pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

Reporter : Rangga Mahardika

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti