Stok Darah di UDD PMI Kembali Normal, Sehari Himpun 550 Kantong Darah

RADARJEMBER.ID-Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember mencatat rekor perolehan kantong darah dalam satu hari. Kegiatan donor darah yang digelar bersama Tupperware di Perumahan Argopuro Jember  berhasil mencatat rekor sampai 550 kantong darah. Jumlah itu masih lebih banyak dari kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia yang rata-rata menghimpun 400 kantong darah.

IKLAN

Sejatinya, panitia menargetkan mendapatkan  750 kantong darah. Namun, ternyata jumlah pendonor yang tidak memenuhi standar kesehatan untuk donor darah juga tinggi. Sekitar 200 relawan pendonor tidak bisa melanjutkan proses pengambilan darah oleh petugas UTD PMI Kabupaten Jember.

Kegiatan donor darah dapat perhatian khusus ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH dan pengurus PMI, Fokuswanda dan organisasi terkiat lainnya.  ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH ikut memotivasi langsung para pendonor yang datang di perumahan Argopuro.

ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengapresiasi kegiatan donor darah sukarela yang digelar atas kerjasama UDD PMI dan Tupperware. “Kami mengapresiasi kegiatan donor darah seperti ini. Hasilnya tentu akan sangat membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah. Satu tetes darah bisa menyelematkan yang membutuhkan,” kata Zaenal Marzuki.

Dia berharap kerjasam dilanjutkan agar stok darah di UDD PMI selalu mencukupi kebutuhan. “Kami harap kerjasama seperti ini terus dilanjutkan, juga dengan Bank Indonesia yang rata-rata berhasil menghimpun 400 kantong. Saya harap ada lagi pihak ketiga yang bisa mendatangkan relawan pendonor yang jumlahnya banyak,” terangnya.

Tak lupa, EA Zaenal Maurzuki juga mengucapkan banyak terima kasih kepada relawan pendonor darah, “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada relawan pendonor. Baik yang sudah donor darah maupun yang tidak bisa melanjutkan untuk donor darah. Mereka benar-benar pahlawan kemanusiaan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, kegiatan donor darah merupakan bentuk sedekah untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan. “Donor darah menjadi ladang amal. Sedekad darah untuk sesama manusia tentu banyak pahala yang akan diberikan Allah. Kini relawan pendonor darah terus tumbuh berkembang di Jember,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan donor darah juga baik untuk kesehatan. Minimal relawan pendonor cek kesehatan gratis setidaknya 2 sampai 3 bulan sekali kalau rutin donor darah. “Banyak manfaat kesehatan baik untuk menjaga kadar kolesterol, kadar gula darah atau jantung dan penyakit lainnya,” terangnya.

Editor : Narto

Reporter :

Fotografer :

Editor :