Heboh Situs Kuno di Ledokombo


IKLAN


LEDOKOMBO, Radar Jember.ID – Temuan aneh muncul dari lahan pertanian milik warga, di Ledokombo. Sebuah batu bata, kelihatan berjejer rapi, seperti ter-struktur. Banyak yang menyebut, ini batu bata kuno yang diperkirakan peninggalan sebuah kerajaan. Tapi kerajaan apa? Masih belum terkonfirmasi ke pakar purbakala.


Yang jelas, temuan yang diduga situs kuno tersebut dibenarkan oleh koordinator juru pelihara (jupel) Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Jember, Joko Suharjito.
”Saya sendiri belum ngecek,” kata Joko Suharjito, kemarin.
“Rencananya besok (Selasa, 30/6) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember baru akan ke lokasi. Atas temuan itu, dia juga akan menyiapkan beberapa laporan untuk BPCB Jatim.


Dilihat sekilas dari gambar yang lagi rame di medsos, Joko yakin itu adalah peninggalan cagar budaya. “Seperti peninggalan Majapahit-an,” ucap Joko, melalui telepon seluler.
Sementara, pegiat sejarah Jember Yohanes Setyo Hadi memaparkan, temuan tersebut perlu ada penelitian lanjutan dari pihak terkait BPCB, balai arkeolog, dan Dinas Pariwisata baik Jember ataupun Jatim. Dia berharap temuan itu terus ditindaklanjuti dengan penelitian lebih dalam. ”Karena ini merupakan potensi sejarah pada khususnya Jember dan pada umumnya Jatim,” katanya.


Yang jelas, situs tersebut perlu diamankan oleh kepolisian. “Sesuai dengan UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Perda soal Cagar Budaya,” pungkasnya.

Reporter :

Fotografer :

Editor :