Salah satu jalanan di sudut Kota Doha, Qatar, yang menggunakan aspal biru (Qatar Living)

JawaPos.com – Aspal di sepanjang Jalan Souq Waqif, salah satu kota wisata di Doha, terlihat unik dan berbeda. Aspal berwarna biru tersebut adalah “aspal dingin” yang diluncurkan Otoritas Pekerjaan Umum Qatar (Ashghal) di ibu kota Doha. “Aspal dingin” itu sedang diuji pada 200 meter jalur pejalan kaki dan sepeda di dekat desa budaya Katara.

IKLAN

“Aspal dingin” berbeda dengan aspal biasa yang berwarna hitam karena diklaim dapat memantulkan sinar UV dan menyerap radiasi matahari ke tingkat yang lebih rendah. Bahan kriogenik yang bersuhu sangat rendah digunakan dalam proyek tersebut untuk memberikan efek pengurangan suhu secara keseluruhan.

Sebaliknya, aspal konvensional menyerap hingga 95 persen sinar matahari. Suhu tinggi terjadi karena jalanan aspal yang berwarna gelap mengakumulasi panas matahari.

Hossam Almeer, salah seorang ilmuwan data yang bekerja di Qatar Computing Research Institute (QCRI), menyatakan bahwa tingkat pendinginan bisa berdampak nyata dalam pemakaian listrik. Ashghal menjelaskan bahwa proyek tersebut akan berlangsung selama 18 bulan. Keberhasilan uji coba bakal menentukan penerapan “aspal dingin” yang lebih luas.

Berdasar penelitian, bahan yang digunakan pada “aspal dingin” dapat mengurangi penyakit yang berhubungan dengan panas dan memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki. Aspal yang dicat berwarna terang juga bisa meningkatkan keselamatan lalu lintas karena membuat kendaraan lebih terlihat oleh pengemudinya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (nen/c14/dos)