ILUSTRASI. Dikatakan dua pasien terinfeksi coronavirus telah sembuh dan dipulangkan. (AFP)

JawaPos.com – Meski virus korona terus menyebar luas, namun tim medis tetap berjuang melawan virus tersebut. Alhasil, dikatakan ada pasien virus korona yang dikarantina sebelumnya, dikabarkan sembuh dan dipulangkan.

IKLAN

Komisi Kesehatan Kota Shanghai telah mengklaim bahwa ada pasien pertama sejak awal wabah mematikan itu telah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. Chen, seorang perempuan berusia 56 tahun dikatakan telah sembuh dari penyakit itu seperti dilansir dari The Star, Senin (27/1).

Chen menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam sistem pernapasannya setelah pemindaian CT paru dan dua tes darah. Chen terbebas dari Coronavirus, pada Minggu (26/1) seperti yang disebut oleh koran harian Beijing, milik pemerintah.

Chen dibebaskan dari karantina setelah pemeriksaan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran infeksi. Chen adalah penduduk Wuhan, kota tempat Coronavirus berasal.

Dia dilaporkan merasakan gejala seperti flu pada 10 Januari dan dirawat di rumah sakit pada 12 Januari 2020. Setelah hampir dua minggu di bawah perawatan medis, dia sekarang telah sembuh.

Sejak penyebaran penyakit antarbenua yang kini telah merenggut 56 nyawa itu, lebih dari 35 juta orang saat ini terisolasi dan lima kota dikarantina di Tiongkok. Di Wuhan, pemerintah setempat telah melakukan upaya untuk melawan virus yang mematikan itu.

Fasilitas darurat saat ini sedang dibangun di kota itu untuk melayani pasien yang sakit. Rumah sakit lengkap hanya untuk pasien coronavirus akan siap minggu depan.

Pasien Sembuh Lainnya

Dilaporkan juga bahwa seorang pria berusia 46 tahun yang menjadi pasien pertama di Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur sembuh dari penyakit serupa. Pria bermarga Yang, meninggalkan rumah sakit pada hari Jumat (24/1) setelah menjalani perawatan selama seminggu. Pasien sudah lama tinggal di Wuhan. Dia diminta terus kontrol mengunjungi dokter untuk pemeriksaan rutin.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani