Di lain pihk, Evanson Kamuri, Kepala Rumah Sakit Nasional Kenyatta, mengatakan dua dari anak-anak yang terluka berada dalam kondisi kritis, sementara yang lain mengalami cedera ringan dan sedang diperiksa. Catherine Wambua-Soi dari Al Jazeera, menggambarkan itu adalah insiden yang horor. “Rasa sakit yang tak terbayangkan dari orang tua yang telah berkumpul di sini,” ungkapnya.

“Menteri Pendidikan Kenya mengatakan dia tidak ingin berspekulasi terkait insiden tersebut. Tetapi dia mengatakan lantai kedua bangunan sekolah itu tidak disetujui oleh pihak berwenang. Banyak orang di sini juga mempertanyakan kualitas bahan bangunan yang digunakan untuk membangun sekolah,” cerita Wambua.

Sementara itu, legislator John Kiarie mengatakan kepada televisi KTN bahwa bangunan yang roboh adalah lantai dasar. Kiarie juga mengatakan wilayah tersebut tidak memiliki lahan kosong untuk membangun sekolah umum yang memadai.

Seorang pejabat Inspektorat Bangunan Nasional, Moses Nyakiongora, menegaskan bahwa gedung sekolah tersebut didirikan asal-asalan. “Sekolah ini dibangun jauh dari kata baik. Bangunan benar-benar di bawah standar,” sebutnya.

Editor : Edy Pramana