Sementara itu, Lam dalam pernyataan teranyar menegaskan selain mencabut RUU Ekstradisi juga menjanjikan tiga hal lain. Yakni penunjukan dua anggota baru di Dewan Pengaduan Polisi Independen (IPCC) yang ditugaskan untuk menyelidiki dugaan kebrutalan polisi. Kemudian akan melakukan dialog langsung dengan komunitas warga Hongkong. Terakhir, meminta kepada tokoh masyarakat, profesional, dan akademisi untuk memberikan saran kepada pemerintah dalam upaya menemukan solusi.

Terkait lamanya pengambilan keputusan mencabut RUU Ekstradisi, Lam meminta publik untuk tidak melihat keputusan secara terpisah, melainkan saling berkesinambungan. “Saya telah mengumumkan paket empat janji dan masing-masing janji itu memerlukan proses musyawarah,” ungkap Lam.

Hanya saja, tanggapan pengunjuk rasa ternyata di luar harapan Lam. Mereka mengatakan akan tetap turun ke jalan sampai semua tuntutan dipenuhi. “Carrie Lam, Anda harus memenuhi semua tuntutan aktivis,” sebut aktivis Joshua Wong lewat akun resmi Twitter-nya.

Editor : Edy Pramana