OV6948 Omni Vision. Ukurannya super mikro. Biasa digunakan untuk keperluan medis. Kamera tersebut hanya seukuran butiran pasir. (dok Omnivision)

JawaPos.com – Kamera digital terus mengalami evolusi dari segi bentuk, fungsi, dan teknologinya. Trennya adalah makin mengecil. Bahkan sudah sekecil butiran pasir.

IKLAN

Seperti kamera OV6948 Omni Vision. Ukurannya super mikro. Biasa digunakan untuk keperluan medis. Kamera tersebut hanya seukuran butir pasir yang sekilas justru tak tampak seperti bentuk kamera pada umumnya.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Ubergizmo, Minggu (27/10), apa yang membuat kamera khusus ini begitu istimewa dan secara teknis luar biasa adalah ukurannya sebesar butiran pasir, seperti yang dapat dilihat pada foto di atas.

Soal kecanggihan, OV6948 Omni Vison yang berukuran 0,575 x 0,575 x 0,232 mm ini mampu menghasilkan gambar berwarna 40.000 piksel dengan chip RGB back side illuminated RGB Bayer.

Soal fungsi dan kegunaannya, tentu saja kamera ini  dirancang bukan untuk fotografi atau seperti kamera yang ada smartphone. Kamera ini dikhususkan untuk penggunaan medis.

Karena ukuran itu, kamera super mini ini biasanya dipasang ke alat bedah yang dapat dimasukkan ke dalam organ tubuh manusia. Kepentinganya untuk tindakan operasi.

Harapannya ukuran kamera yang sangat kecil dan dan konsumsi daya yang rendah akan membantu menghasilkan lebih sedikit panas. Sehingga pasien merasa terganggu karena panas yang dihasilkan kamera.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Rian Alfianto