JawaPos.com – Android 10 resmi dirilis pada September lalu dan masih dalam tahap awal dengan ketersediaan pada smartphone yang terbatas. Meski demikian, Google rupanya sudah menyiapkan seri terbaru perangkat lunaknya itu. Seri terbaru di sini adalah sistem operasi (OS) Android anyar yang menjadi penerus Android 10, yakni Android 11.

IKLAN

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman TechRadar, Senin (14/10), kabar ini muncul ketika Google mengumumkan rencana untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Android Dev. Konferensi tersebut akan dihelat akhir Oktober mendatang dan salah satu acara berjudul Mempersiapkan Penyimpanan Scoped di Android 11.

Dengan rencana Google yang sudah mulai melirik pengembangan Android 11, dengan demikian Google harus mempercepat kehadiran Android 10 pada banyak perangkat. Sementara soal Android 11 sendiri belum banyak informasi yang beredar saat ini.

Adapun yang perlu diketahui tentang Android 10 adalah OS yang disebut terbaik dari Google saat ini. Kejutan nyata lainnya adalah bahwa Google mengonfirmasi nama Android 11 sebelum rilis. Dulu perusahaan teknologi ini menggunakan nama kode untuk merujuk ke perangkat lunak terbaru. Misalnya Android 10 dikenal sebagai Android Q, Android 9 adalah P, dan sebagainya.

Ketika Android 10 diumumkan, Google berjanji ke depannya akan menggunakan sistem penamaan Android berbasis numerik dari yang awalnya  berdasarkan abjad. Kini Google tampaknya melakukan hal yang sama dengan nama kode Android 11.

Android 11 sendiri dikabarkan bakal mengusung ‘Penyimpanan Scoped’, apa itu? Ini adalah cara mengatur informasi dan file yang dapat diakses aplikasi. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan serta kecepatan membaca dan menulis aplikasi. Fitur ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Android 10, tetapi ditolak karena keluhan pengembang tentang bagaimana itu diterapkan.