Ilustrasi: Platform WhatsApp di smartphone. (Gizchina)

JawaPos.com – WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi pesan teks paling populer untuk perangkat seluler di seluruh dunia. Malahan aplikasi milik Facebook itu agaknya tak bisa lepas dari kehidupan penggunanya.

IKLAN

Namun demikian, kabar kurang sedap datang dari perangkat lunak tersebut. Ya, WhatsApp yang akan menghentikan dukungan untuk perangkat Android atau iOS lawas. Hal tersebut sebagaimana dikutip JawaPos.com dari Gizchina, Selasa (1/10), yang disampaikan langsung oleh WhatsApp.

Perusahaan milik Facebook itu mengumumkan bahwa WhatsApp tidak akan lagi mendukung sistem operasi lama. Ini termasuk smartphone yang berjalan di iOS 8 dan Android Gingerbread.

Selain iOS dan Android, perusahaan juga telah mengakhiri dukungan untuk semua versi Windows Phone saat ini. Untuk diingat, iOS 8 debut pada September 2014 sedangkan Android Gingerbread pertama kali dirilis pada 2010.

Untuk pengguna yang masih menggunakan versi perangkat lunak itu, perusahaan meminta untuk memperbarui perangkat lunak atau beralih ke sistem operasi terbaru pada Februari 2020. Setelah tanggal yang diumumkan, dukungan resmi untuk WhatsApp akan berakhir.

Pengguna iOS yang masih menggunakan iOS 8 harus memperbarui ke perangkat lunak terbaru jika tersedia. Jika tidak, pengguna harus membeli perangkat baru dengan iOS 9 atau lebih tinggi. Untuk pengalaman pengguna terbaik, perusahaan merekomendasikan iOS 13.1 terbaru.

Perlu disebutkan bahwa aplikasi masih akan berfungsi pada perangkat yang lebih lama tetapi pengguna tidak akan lagi dapat mendaftar atau memverifikasi ulang akun. Akhirnya, seluruh dukungan pada versi ini akan berhenti setelah beberapa hari atau minggu setelahnya.

WhatsApp juga telah berbicara tentang perangkat yang di-jailbreak dalam pengumuman ini. Meskipun perusahaan tidak secara eksplisit membatasi penggunaan perangkat yang telah di-jailbreak atau dimodifikasi, merek tersebut tetap tidak merekomendasikannya.

Karena modifikasi tersebut memengaruhi fungsionalitas perangkat, perusahaan tidak akan lagi memberikan dukungan kepada iPhone yang sudah di-jailbreak.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto