Sekolah dengan Beragam Prestasi dan Keunggulan

PENDAFTARAN Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK resmi dibuka 17 Juni besok. Namun, ada keunggulan tersendiri untuk sekolah swasta. Yakni, dapat membuka pendaftaran terlebih dahulu. Tak terkecuali SMA Unggulan BPPT Darus Sholah.

MEMBANGGAKAN: SMA-U BPPT Darus Sholah sudah menorehkan berbagai prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Alumninya pun banyak diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – SMA Unggulan BPPT Darus Sholah adalah salah satu sekolah yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darus Sholah yang sudah terakreditasi A. Di tahun ajaran baru 2020/2021 SMA-U BPPT Darus Sholah membuka pendaftaran dengan dua metode, yaitu online dan offline dengan total empat rombongan belajar (rombel).

IKLAN

Sesuai dengan anjuran pemerintah, karena pandemi Covid-19, hampir semua sekolah membuka jalur pendaftaran online. SMA-U BPPT Darus Sholah juga tetap membuka jalur offline, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah untuk tetap jaga jarak dan cuci tangan serta penggunaan masker.

Kepala SMA-U BPPT Darus Sholah Ir Hari Wahyono MP menjelaskan, penerimaan siswa baru di SMA-U BPPT Darus Sholah disesuaikan dengan kondisi yang ada, karena adanya pandemi. Dirinya menjelaskan, pihaknya telah membuka pendaftaran sejak bulan Januari untuk jalur inden. “Namun jangan khawatir, pendaftaran masih dibuka sampai dengan bulan Juli untuk penerimaan gelombang kedua,” tegasnya.

Siswa siswi SMA-U BPPT Darus Sholah dapat memilih kelas full day ataupun full time atau pondok. Siswa yang memilih full time harus tinggal di asrama pesantren untuk mengikuti pembelajaran dan kepembinaan. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan cendekiawan muslim yang bertauhid, berakhlak mulia, cakap dan terampil, percaya diri, mampu menerapkan nilai-nilai agama Islam dan ilmu pengetahuan secara terpadu dan menyeluruh sebagai cerminan Islam rahmatan lil alamin.

Selain itu, metode pembelajaran di SMA-U BPPT Darus Sholah menerapkan kurikulum 3 in 1, yaitu kurikulum Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, dan pesantren, sesuai dengan prinsip yayasan. Sesuai dengan motonya, Menjaga Tradisi Lama yang Baik dan Mengambil Perkembangan Baru yang Lebih Baik, SMA-U BPPT Darus Sholah terus berkembang dan mempersiapkan siswanya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan bersaing di dunia kerja.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Ir Wahyu Giri Prasetyo menyampaikan, banyak alumni SMA-U BPPT Darus Sholah diterima di perguruan tinggi negeri seperti Universitas Jember, Politeknik Negeri Jember, IAIN Jember, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Udayana Bali. “Mereka diterima melalui jalur prestasi,” ungkapnya.

Di sekolah pun, lanjut dia, siswa dalam pembelajarannya sudah dibekali kemampuan untuk siap bekerja. Seperti kemampuan bahasa, praktik cara berpidato menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, budi daya ikan dan budi daya tanaman, serta pengolahan tempe menggunakan kedelai lokal di pelajaran biologi.

“Setelah lulus, diharapkan siswa mampu mempraktikkan ilmunya, berusaha mengaitkan pelajaran umum dengan nilai-nilai agama Islam. Contohnya menemukan dalil aqli dalam belajar, seperti sunah mengunyah yang dikaitkan dengan proses pencernaan makanan. Sebagai sekolah dalam naungan pondok pesantren, siswa yang telah lulus memiliki akhlak yang baik, bermanfaat untuk masyarakat, dan diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” paparnya.

Tak ketinggalan, Ir Hari Wahyono MP berpesan agar para siswa tidak sekadar pintar, namun yang terpenting adalah memiliki akhlak yang baik. “Apabila akhlaknya baik, maka di masyarakat pun akan bermanfaat dan diterima dengan baik,” tuturnya.

Walaupun masih terbilang muda dan baru berusia 17 Tahun, alumni SMA Unggulan BPPT Darus Sholah telah sukses dan memiliki profesi beragam. Seperti salah seorang alumninya yang kini telah menjadi seorang dokter di RS UB Malang, yakni dr Cahya Firly Nanda.

Menurutnya, SMA-U BPPT Darus Sholah telah memberinya ilmu, akhlak dan senantiasa memupuk motivasi untuk mencapai cita cita. “Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan,” tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh M. Afrizal yang kini berprofesi sebagai masinis di PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Ilmu dunia yang telah dia peroleh di SMA membuatnya lebih mengerti dan menghargai kehidupan di dunia ini.

“Ilmu agama yang saya peroleh juga membuat saya lebih menaati dan memahami apa yang harus dilakukan seorang muslim sebagaimana mestinya. Sekolah di SMA-U BPPT Darus Sholah itu gurunya sangat kekeluargaan, sehingga sangat dirindukan,” pungkasnya.

 

Grafis

Prestasi SMA-U BPPT Darus Sholah

  1. Juara 3 Catur Putri Se-Besuki Raya dan Lumajang 2019
  2. Juara 1 Pencak Silat Asadurrijal Se-Kabupaten Jember 2019
  3. Juara 1 O2SN Cabor Penjak Silat Kabupaten Jember 2019
  4. Juara 2 Debat Ekonomi Islam Gebyar Milad FAI Universitas Muhammadiyah Jember 2019
  5. Juara Harapan 1 Kaligrafi Se-Jawa Bali di PP Darus Salam Blok Agung Banyuwangi 2019
  6. Juara 1 Lomba Kaligrafi Kontemporer Universitas Muhammadiyah Jember 2019
  7. Juara 1 Nasional POSPENAS Bandung Cabang Olahraga Pencak Silat 2019
  8. Juara 3 Lomba Fotografi Protokol Fair UNEJ 2019
  9. Juara 3 Turnamen Pencak Silat Padepokan Pagar Nusa Jember 2020
  10. Juara 3 Pencak Silat Banyuwangi Internasional Championship 2020

 

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti