Lahirkan Tujuh Hafiz Quran 30 Juz

SANTRI PROGRESIF: Nayla Nadhirotul Hidayah (kiri) dan Huri Dewi Rizkiatul Amaliyah, dua santri MA Unggulan Nuris yang telah khatam Alquran 30 juz.

JEMBER, RADARJEMBER.ID — Dalam komitmennya mencetak generasi qurani, MA Unggulan Nuris Antirogo kembali melahirkan sejumlah penghafal Alquran. Dalam program khusus Tahfidzul Qur’an di MA, tercatat sebanyak tujuh santri bisa mengkhatamkan Alquran 30 juz dalam kurun waktu yang singkat.

Salah satunya Huri Dewi Rizkiatul Amaliyah. Santri kelas XI asal Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, itu mengaku, motivasinya menghafal Alquran karena ingin membahagiakan orangtuanya dan menggapai cita-citanya. “Awalnya saya di MTs Unggulan Nuris sudah hafal 14 juz. Lalu selama di MA, saya melanjutkan hafalannya hingga khatam. alhamdulillah 30 juz,” katanya.

Huri sempat membeberkan sedikit resep hafalannya. Menurut dia, menghafal Alquran harus didasari niat bersih, sungguh-sungguh, dan mau berusaha keras. Tak heran, selain dikenal daya hafalannya, santri 15 tahun itu juga dikenal kerap menjuarai lomba. Seperti juara II MHQ tingkat Jatim di Unej dan Juara Harapan I MHQ tingkat Jatim di UM Jember. “Setelah hafal 30 juz ini, saya masih ingin melancarkan hafalan. Dan semoga nanti bisa lanjut kuliah di Mesir atau Yaman,” ujarnya penuh semangat.

Hal senada juga diungkapkan Nayla Nadhirotul Hidayah, santri kelas X MA Unggulan Nuris. Dia juga memiliki resep jitu dalam menghafal Alquran. Seperti harus mengulang-ulang (murojaah) tiap hari, mengurangi tidur, puasa Senin-Kamis, salat malam, dan mengumpulkan restu orang tua. “Saya pernah telat masuk sekolah karena keenakan murojaah Alquran, sampai lupa waktu,” ungkap Nayla sembari tersenyum.

Usianya yang masih 15 tahun tak membuat santri asal Kota Gandrung, Banyuwangi, itu berpuas diri. Dirinya rutin melancarkan hafalannya untuk mengejar cita-citanya menjadi dokter. “Saya ingin banggakan orang tua, memperdalam ilmu agama,” kata Nayla.

Selain Nayla dan Huri, para santri MA Unggulan Nuris yang sudah menuntaskan hafalan Alquran 30 juz tahun ini antara lain M Farhan Raditya Ramadhani kelas XI, M Farhan Rahardian kelas X, dan Iqtava Wildanil Ahmad kelas X. Selanjutnya, ada M Nadhif Syamsul Ulum, santri kelas XI, dan Sabilana Al-Haq, santri kelas XI. Para santri hafiz Alquran ini pernah mencatatkan dirinya sebagai juara dalam berbagai kompetisi Alquran, MHQ, qiraah, tartil, dan lainnya.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Maulana
Fotografer: Istimewa