Manfaatkan Detik Akhir Ramadan

KULTUM TAROWIH: Ustad Muhammad Yasin saat memberikan ceramah kepada jamaah salat tarawih di musala Radar Jember

RADAR JEMBER.ID – Lebaran tinggal menghitung hari menjadi kesempatan emas terakhir bagi setiap orang untuk berburu pahala dan rida Allah, maka sangat sayang jika dilewatkan. Karena itu, perlu diisi dengan kegiatan guna menghidupkan malam-malam terakhir bulan Ramadan sebagai malam yang akan diijabah segala doa.

IKLAN

Seperti disampaikan oleh Ustad Muhammad Yasin. Dalam tausiyahnya di hadapan jamaah di musala Radar Jember, Ustad Yasin berkata, tepat pada Kamis kemarin, telah memasuki malam ke-26 Ramadan. Dia menyerukan, pada malam-malam, setiap amal ibadah menjadi sunah muakad. “Karena banyak keberkahan yang diturunkan pada sepuluh hari terakhir Ramadan,” tuturnya.

Selain itu, dia menjelaskan, segala amal sangat bergantung pada usaha akhir dari pelaksanaan amal itu. “Kalau awalnya bagus, di pertengahan bagus, maka pada bagian akhir harus ikut bagus. Sebab, jika bagian akhir rusak atau jelek, maka akan jelek semua amal dari awal tadi,” imbuhnya.

Bulan Ramadan terbagi menjadi tiga bagian besar. Pada bagian 10 hari pertama Ramadan adalah sebagai rahmat dari Allah SWT dan kasih sanyang-Nya kepada umat muslim. Sedangkan pada sepuluh malam pertengahan, merupakan seruan untuk setiap manusia agar bertobat. “Sepuluh malam terakhir merupakan ujian terbesar kita. Apakah pribadi kita semakin membaik, atau justru sebaliknya tanpa ada perubahan,” katanya.

Setiap perjalanan kehidupan manusia, menurutnya, selalu berakhir dengan dua macam. Apakah akan berakhir baik atau buruk. Dia meyakini, setiap orang tentu mengharapkan hasil terbaik. Tapi tergantung sejauh mana usahanya. “Semoga kita semua termasuk golongan orang yang mendapatkan keberkahan hingga bertemu Ramadan tahun depan,” pungkasnya. (*)

Reporter : mg2

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Rangga Mahardika