Buruh Petik Kopi Terima Bingkisan Lebaran

BERBAGI KEBAHAGIAAN: Para buruh petik kopi di Klungkung saat mendapatkan bingkisan Lebaran dari YDSF Jember.

RADAR JEMBER.ID – Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) YDSF menggelar kegiatan berbuka bersama buruh petik kopi di Klungkung, Jember. Selain berbuka bersama, keceriaan bersama 35 buruh yang mengikuti acara tersebut mereka semakin menggelora saat menerima bingkisan zakat. Salah satunya Mbah Al, lansia berumur 70 tahun yang baru pertama kali mendapatkan bingkisan Ramadan.

IKLAN

Program ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan oleh YSDF sejak 2018 silam. Kegiatan ini diawali dengan mengajak 60 orang berbuka dan berbagi paket kurma di Desa Mantingan, Sumberjambe, tahun lalu. “Kali ini kami mengambil wilayah Klungkung sebagai lokasi penyaluran paket berbuka dan bingkisan Lebaran dari para donatur YDSF, yang berdonasi melalui petugas amil kami yang ada di gerai zakat maupun para juru ambil zakat setiap bulannya,” tutur Dani, dari YDSF Jember.

Dani menambahkan, program ini diharapkan menjadi gerakan dalam membangun kepedulian organisasi-organisasi sosial maupun bisnis untuk memberikan kepeduliannya terhadap buruh petik kopi yang ada di Jember. Apalagi, sudah santer diketahui bahwa Jember merupakan salah satu produsen kopi terbesar kedua di Jawa Timur setelah Malang.

“Kita butuh komunitas yang memiliki rasa empati terhadap para buruh petik kopi tersebut. Mungkin dari gerakan ini, bisa membangun isu kepedulian tersebut,” lanjutnya. Program Tebar Paket Berbuka serta Bingkisan Lebaran Miskin dan Fakir masih terus tergulirkan hingga 3 Juni mendatang. YDSF mengajak masyarakat yang hendak menitipkan amanah paket berbuka puasa untuk semua kalangan melalui lembaga amil zakat nasional YDSF, dengan menghubungi 0811 350 3151. (*

)

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti