Arum Sabil Apresiasi Alih Status IAIN Jember Menjadi UIN KH Achmad Shiddiq

Arum Sabil Apresiasi Alih Status IAIN Jember Menjadi UIN KH Achmad Shiddiq

RADAR JEMBER.ID – Salah satu tokoh petani nasional asli Jember, yakni Arum Sabil, juga mengapresiasi perubahan alih status IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Shiddiq. Menurut pemilik City Forest & Farm Arum Sabil ini, pengusulan nama itu sudah tepat. Sebab, sosok KH Achmad Shiddiq merupakan tokoh lokal yang sudah menjadi panutan umat muslim. “Kalau IAIN Jember akan berubah menjadi UIN KH Achmad Shiddiq, menurut saya sudah sesuatu yang sangat tepat. Ada beberapa manfaat dan spirit dari nama beliau,” ujar Arum Sabil.

IKLAN

Pria kelahiran Tanggul ini menyebut, kampus IAIN sudah memiliki kurikulum yang mengantarkan baik bagi generasi penerus bangsa. Serta menekankan kepada intelektual muslim. “KH Achmad Shiddiq sudah kita kenal bersama-sama. Beliau menjadi tokoh muslim yang intelektual dari Jember,” ucapnya.

Arum Sabil mengaku, KH Achmad Shiddiq sudah menjadi salah satu pelaku sejarah atas lahirnya asas tunggal Pancasila. “Beliau juga ikut membidani asas tunggal Pancasila,” ungkap pria yang menjadi Ketua Umum Dewan Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI).

Masih lanjut Arum Sabil, menurutnya hubungan Islam dan Pancasila pada diri KH Achmad Shiddiq berhubungan sangat erat. “Dengan pikiran beliau sebagai intelektual muslim benar-benar bisa menjadi roh dalam Pancasila itu,” ucapnya.

Arum Sabil juga berpendapat tepat atas usulan KH Achmad Shiddiq disematkan sebagai pahlawan nasional. “Beliau sebagai pemikir muslim sudah tidak diragukan lagi sepak terjangnya. Apalagi beliau sempat menjabat sebagai Rais Am Syuriah PBNU,” pungkasnya. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono