PTPN XII Gelontor Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Ijen

PROAKTIF: Direktur Operasional PTPN XII Anis Febriantomo (berkaca mata terang) mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau banjir bandang Ijen.

IJEN.RADARJEMBER.ID– PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII proaktif terhadap nasib korban banjir bandang di Desa Sempol dan Desa Kalisat Kecamatan Ijen Bondowoso.

IKLAN

PTPN XII langsung menerjunkan ratusan karyawan untuk membantu korban banjir bandang. Sekaligus mengelontorkan bantuan. PTPN XI dipimpin langsung oleh Direktur Operasional Anis Febriantomo.

Anis bersama jajarannya memberikan bantuan bersama dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa di Desa Sempol Kecamatan Ijen, kemarin. Manajemen PTPN XII melibatkan semua kebun bersama muspika Ijen, BNPB dan TNI/Polri.

Bahkan, dibuat posko Induk di Kebun Kalisat Jampit dengan menyiapkan fasilitas pendukung berupa barak pengungsian untuk 200 KK, dapur umum, kendaraan truk/pikap 10 unit, konsumsi pendukung sementara 2.250 bungkus beserta air mineral.

“Atas dasar kepedulian dan rasa empati kejadian itu kebun-kebun menghimpun dari karyawan dan ikatan istri karyawan ((IIK) di bawah PTPN XII,” kata Direktur Operasional PTPN XII Anis Febriantomo saat jumpa pers di Arabica Homestay Kebun Kalisat Jampit. Anis Febriantomo didampingi Manajer Kebun Kalisat Jampit Budi Setyawan.

Karyawan dan IIK berhasil menghimpun sekaligus diberikan kepada para korban banjir bandang berupa pakaian layak pakai sebanyak 1.081 potong, semabako berupa beras 1.070 kg, mie instan 70 dus, minyak sayur 30 liter, air mineral 350 karton, dana yang telah dikeluarkan selama dua hari pasca banjir Rp 200 juta.

Kemudian dukungan medis meliputi 2 unit ambulans lengkap dengan tenaga medis dari RS Kaliwates Jember. Kemudian ada sumbangan juga dari gabungan pengusaha perkebunan (GPP).

Manajemen PTPN XII dalam tiga hari ke depan akan mengoptimalkan penanganan lanjutan sampai tuntas dengan perencanaan yang matang. Antara lain: memetakan dampak kejadian terhadap karyawan dan masyarakat.

Kedua menyiapkan kebutuhan utama, baik makanan maupun bahajn lain untuk keperluan anak-anak, bayi, lansia berupa susu pampers, obat-obatan. “Ketiga tanggap darurat untuk bangunan yang terdampak oleh banjir bandang,” imbuhnya.

Keempat mengerahkan karyawan untuk menyelesaikan penanganan kejadian dengan sistem sif sebanyak 500 orang tiap sifnya yang berasal dari kebun-kebun di wilayah Ijen. Kemudian mengerahkan truk, pikap, hiline maupun kendaraan roda dua lainnya milik perusahaan untuk operasional penanggulangan bencana.

“Kepada karyawan yang terdampak akan diberikan santunan baik materi atau natura. Tak lupa PTPN XII mengucapkan banyak terima kasih kepada Forpimda, BNPB, Muspika, TNI/Polri dan pihak lain yang membantu menangguklangi kejadian banjir bandang,” ujarnya. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto