Widya Gama Lumajang Berikhtiar Kembangkan Lima Budaya Kampus

RADARJEMBER.ID – STIE Widya Gama Lumajang  jadwalkan  menggelar Wisuda Sarjana Strata Satu (S1) tahun 2018.  Wisuda digelar dalam Rapat Terbuka Senat Akademik, Kamis (30/08/2018) di Graha Surya Mahameru,  Embong Kembar.

IKLAN

Wisuda ini merupakan ke-21  bagi STIE Widya Gama Lumajang ini  terdiri dari 232 lulusan dari Program Studi Akuntansi dan 198 dari Program Studi Manajemen. Dihadiri oleh jajaran rektorat, para dosen, para orang tua  wisudawan-wisudawati  dan pimpinan perguruan tinggi se-Lumajang.

Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Ratna Wijayanti Daniar Paramita SE MM   menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati.  “Termasuk  pada orang tua  yang turut menyaksikan wisuda hari ini,” katanya.  Tentu seluruh civitas akademika juga turut berbangga dan bahagia karena dapat mengantarkan putra-putri  meraih gelar sarjana.

Ratna mengingatkan, para wisudawan dan wisudawati agar pandai dan bijak dalam memanfaatkan pengalaman belajar demi keberhasilan  kehidupan di masyarakat lebih lanjut. “Jadikan keberhasilan sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan akan datang,” harapnya. Tentu dengan membawa nama baik kampus tercinta.

Bagi STIE Widya Gama Lumajang ke depan, lanjut Ratna Wijayanti Daniar Paramita,   khususnya dalam pengelolaan perguruan tinggi akan semakin berat. “Khususnya dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi kualifikasi yang memadai,” ungkap Ratna.

Ini tercantum dalam  visi STIE Widya Gama Lumajang. “Pada tahun 2037 menjadi perguruan tinggi yang unggul dan bereputasi internasional dalam mencetak SDM yang berwawasan keilmuan dan kebangsaan serta berjiwa kewirausahaan,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan beberapa hal. Antara lain, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan bereputasi internasional, meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbasis kewirausahaan, dan mengembangkan kerja sama kelembagaan dalam bidang akademik maupun non akademik dengan pemerintah, pemerintah daerah/kota, perguruan tinggi, dunia usaha serta lembaga lainnya di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

“Selain itu meningkatkan kinerja kemahasiswaan yang tersistem dengan baik dalam mencapai prestasi di tingkat internasional,” paparnya. Semua ini sebagai ikhtiar  untuk mewujudkan STIE Widya Gama yang Berkarakter dan Berkualitas.

Di sisi lain, tambah Ratna, STIE Widya Gama Lumajang terus melakukan pengembangan  budaya pada terwujud dan terpeliharanya budaya sekolah tinggi. Yaitu, ahlak mulia, budaya akademik, gotong-royong dan berkelanjutan serta ramah lingkungan. “Masing-masing budaya tersebut  terkandung makna yang mendalam,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Semeru (YPPS) Drs HM. Yahdi MSi   mengungkapkan, pihaknya terus melakukan  pengembangan. “Baik  dalam hal pengelolaan  sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana,” katanya. Untuk pengembangan SDM  (sumber daya  manusia), saat ini  sudah ada 10 dosen  yang  mengikuti program doktoral. “Demikian juga dari sisi  sarana dan prasarana,” tambahnya.

Dari sisi ini, saat ini  tanah milik yayasan  mencapai 2 hektare,  bangunan gedung 40 lokal  dilengkapi dengan fasilitas ruangan. “Ke depan tentu berencana mengembangkan gedung pascasarjana dan perluasan beberapa fasilitas,” tandasnya.

Kepada para lulusan yang mengikuti wisuda, Yahdi  mengharapkan agar  selalu menjadi pioneer  dan teladan bagi pengembangan ilmu pengetahuan. “Terus junjung tinggi moralitas dan nilai-nilai  agama serta  milikilah  kepedulian sosial yang tinggi,” pesannya. Prosesi wisuda diisi dengan serangkaian acara. Di antaranya, sambutan berbagai pihak, lagu-lagu dari paduan suara, prosesi wisuda, persembahan tari, pembacaan wisudawan wisudawati terbaik serta sambutan dari Lembaga Layanan Dikti Wilayah VII Jawa Timur.

Reporter : Hafid Asnan
Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :