Pahami Kriteria Pelaksanaan Kurban

JELANG IDUL ADHA: Pemilihan dan perawatan hewan kurban mulai diperhatikan, khususnya pada jenis hewan ternak sapi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Menjelang Idul Adha yang akan diperingati akhir pekan ini, berbagai pelatihan penyembelihan hewan kurban mulai digelar. Pelatihan itu dinilai penting agar sesuai dengan syariat Islam dan hukum yang ada.

IKLAN

Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Baidlowi menjelaskan, ada kaidah penyembelihan hewan kurban yang harus dipatuhi sesuai syariat Islam. Di antaranya, penyembelihan harus terjadi pemotongan pada tiga tempat yaitu hulqum (jalan napas), mari’ (jalan makanan), dan wadajain (dua urat nadi).

Ketika terjadi penyembelihan secara masal, lanjut dia, jangan sampai menghadapkan penyembelihan kepada hewan yang akan disembelih. “Dalam ilmu peternakan, hal itu menimbulkan stres pada hewan sebelum disembelih. Sehingga berpengaruh terhadap kualitas daging,” jelasnya, saat memberikan materi pelatihan hewan kurban di KUA Semboro, beberapa waktu lalu.

Selain itu, dia menambahkan, dalam praktek merobohkan hewan jangan sampai terjadi penyiksaan. Bahkan hal demikian ada tekniknya tersendiri. “Pemilihan dan pemeliharaan hewan kurban juga diambil dari jenis yang baik. Tidak asal, karena untuk kurban ada kriteria sendiri,” timpal Ujang Suryadi, dosen Jurusan Peternakan Politeknik Negeri Jember.

Sementara itu, Muhammad Zairul Haq, salah satu panitia pelatihan penyembelihan itu, menambahkan, selama ini dia menilai fakta di lapangan banyak sekali masyarakat, bahkan panitia pengelola kurban, yang masih belum begitu paham terkait tata cara maupun perlakuan terhadap hewan kurban. “Terkait permasalahan kurban, sudah tertuang dengan jelas dalam fikih. Baik tata cara pengelolaan dan manajemen kurban syar’i,” pungkasnya.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Maulana
Fotografer: Maulana