Sigap Bencana, Siapkan Tas Logistik Darurat

HANCUR: Kerugian besar bisa dialami masyarakat terdampak bencana. Seperti pada tsunami Palu Oktober 2018 silam. Puluhan gedung dan bagunan hancur akibat diterjang tsunami.

RADARJEMBER.ID, JEMBER – Terjadinya bencana memang tak bisa diduga. Datang secara tiba-tiba dan memunculkan kepanikan bagi orang yang terdampak. Oleh karena itu, masyarakat diminta paham cara mencegah dan mengurangi risiko bencana. Salah satunya dengan menyiapkan tas darurat bencana.

IKLAN

Anggota sekolah pengurangan risiko bencana Jember, Sultan Ahmad Afandi menyampaikan, selain tidak panik, menyiapkan barang-barang penting dan bekal bertahan hidup perlu dilakukan. Jadi, masyarakat diminta melakukan perhitungan bekal bila suatu saat terjadi bencana. “Tak perlu banyak-banyak, tas darurat bencana sudah cukup,” jelasnya.

Tas darurat bencana, kata dia, diperlukan saat dalam keadaan darurat. Tas bencana dapat mencakup makanan dan minuman, alat penerangan dan komunikasi, peralatan kesehatan dan kebersihan, pakaian, dan dokumen-dokumen penting.

Kemudian, harus mencari titik aman dan menjauh dari lokasi bencana. Cari tempat menepi yang jauh dari pohon, papan reklame atau bangunan yang berada di sekitar jalan. Berlari ke tempat berlindung yang aman dari reruntuhan atau jatuhnya benda-benda.

“Lakukan sigap saat bencana dan sigap evakuasi mandiri. Agar tidak terjadi korban dan kerugian saat bencana terjadi,” tuturnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih