Layanan Pospam Polres Jember bagi Pemudik

Siapkan Tempat Istirahat dan Bermain Anak

CILUK BA!: Kanit Reg Ident Polres Jember Iptu Agnis Manurung tengah menggendong Anum (9 bulan), balita yang dibawa orangtuanya mudik ke Banyuwangi. Pemudik itu berhenti di Pospam SPBU Klatakan, Tanggul, yang di dalamnya tersedia tempat istirahat dan bermain anak.

RADARJEMBER.ID – Kemanan dan kenyamanan selama mudik tahun ini menjadi prioritas bagi kepolisian. Untuk itu, Polres Jember mengecek kesiapan pos pengamanan (pospam) di sepanjang jalur mudik di kabupaten setempat, Kamis (30/5). Sedikitnya, ada 11 pospam dan pos pelayanan lebaran yang dirikan di area rawan kemacetan, criminal, dan di beberapa objek wisata.

IKLAN

“Hari ini kami melakukan pengecekan pos pengamanan di 11 lokasi yang ada ada di Jember,” ujar Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Dia menambahkan, pihaknya juga menyiagakan 375 personel dari unsur Polri, TNI, Dishub dan beberapa satuan pendamping lainnya. Dalam menunjang tugas personel dan memberikan pelayanan maksimal, 11 pospam itu juga dilengkapi CCTV yang terkoneksi dengan pusat kontrol CCTV milik Dishub dan Polres Jember.

“Hal ini untuk memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. Jadi dengan melihat CCTV, petugas tidak perlu menunggu laporan dari masyarakat untuk penangananannya,” ujarnya.

Sedangkan untuk pos yang ada di jalur rawan longsor dan pohon tumbang, polres juga telah menyiapkan alat berat dan gergaji mesin sumbangan dari PMI Cabang Jember. Dua gergaji mesin dan alat berat di disiapkan di Pos Gunung Gumitir. Karena di jalur itu rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor. Apalagi masih turun hujan yang hampir setiap sore terjadi.

Untuk itu, Kusworo mengimbau, para pengguna jalan lebih berhati-hati ketika melintas di jalur tersebut. ”Kalau ngantuk hendaknya istirahat di tempat yang sudah disiapkan. Ada rest areanya,” ujar Kusworo.

Sementara di pospam yang ada di sepanjang jalan raya di Jember, polisi juga menyiapkan tenaga medis dan melengkapi arena bermain untuk anak-anak. Seperti yang ada di SPBU Klatakan Tanggul. “Pemudik juga bisa memeriksakan kesehatannya secara gratis. Baik oleh dokter kesehatan polres maupun dokter Puskesmas yang sedang jaga,” pungkas Kusworo.

Layanan ini rupanya dimanfaatkan oleh pemudik. Mita, 26, warga Mojosari, Mojokerto, sempat menikmati tempat istirahat yang ada di Pospam Lebaran di SPBU Klatakan, Tanggul. Sambil membawa putrinya, Anum (9 bulan), dia mengaku hampir setiap tahun memanfaatkan fasilitas pospam yang ada di SPBU itu.

Bahkan, Iptu Agnis Manurung, Kanit Reg Ident Polres Jember, ikut menemani Anum. Perwira perempuan itu terlihat cukup akrab dengan balita tersebut. Bahkan dia juga sempat menggendongnya. ”Baru turun dari mobil langsung diajak istirahat,” katanya.

Perjalanan dari Mojokerto ke Banyuwangi ini, Mita mengaku beristirahat untuk yang kali ketiga. Karena membawa balita, dia harus ekstra hati-hati dan menjaga stamina, terutama demi menjaga kesehatan sang buah hati. ”Selain ada tempat istirahatnya, juga ada fasilitas main untuk anak-anak,” pungkas Mita, yang kala itu didampingi suaminya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih