Serbu Pasar, Jalan Rambipuji Tersendat

RUWET: Jelang Idul Fitri, Pasar Rambipuji terus diserbu pengunjung. Imbasnya, jalan sekitar pasar dan jalan nasional tersendat.

RADAR JEMBER.ID – Hari raya Idul Fitri kurang sepekan lagi. Banyak orang yang terus memburu jajanan, barang-barang, serta pakaian untuk Lebaran. Nah, salah satu pasar di Jember yang banyak diserbu warga yaitu pasar yang berlokasi di Desa/Kecamatan Rambipuji.

IKLAN

Akibat membeludaknya konsumen pasar tersebut, jalan sekitar pasar Rambipuji tersendat. Tak hanya itu, lalu-lalang warga yang keluar-masuk di sekitar pasar juga berimbas pada tersendatnya jalan raya nasional Rambipuji.

Pantauan Radarjember.id, sebagian pengunjung konsumen yang rata-rata menggunakan kendaraan roda dua, banyak yang parkir di pinggir jalan sekitar pasar. Maklum, Pasar Rambi merupakan pasar yang tidak memiliki lahan parkir secara khusus.

Banyaknya kendaraan roda dua yang parkir di pinggir jalan, terutama di jalan sepanjang masjid hingga alun-alun, membuat kendaraan roda empat nyaris tak bisa lewat. Kalaupun ada mobil yang masuk ke jalan sekitar pasar tersebut, setidaknya membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa melintas dan keluar dari sekitar pasar.

Sanusi, 48, konsumen asal Rambigundam, mengatakan, dengan kondisi jalan sekitar pasar yang tak begitu lebar, sebaiknya kendaraan roda empat cukup parkir di sekitar alun-alun. “Kalau sampai masuk atau berputar di sekitar pasar ini, terutama di jalan alun-alun sampai masjid, jalan akan langsung sesak. Menurut saya, kalau ada konsumen roda empat, sebaiknya parkir di sekitar alun-alun,” paparnya.

Tersendatnya jalan raya sekitar pasar dan jalan nasional setempat sebelumnya sudah diprediksi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Jember. Kepala Dishub Hadi Mulyono mengimbau kepada seluruh warga agar parkir tidak di sembarang tempat untuk mengurangi kemacetan, baik di sekitar pasar maupun Jalan nasional depan Alun-Alun Rambipuji.

“Jalan di sekitar pasar dari dulu memang padat. Tetapi, begitu kendaraan sampai di pertigaan lampu merah serta sampai jembatan Rambipuji, maka akan langsung lancar. Kepadatan arus lalu lintas memang terjadi karena banyak warga yang keluar masuk areal pasar. Kami mengimbau agar warga tidak parkir di sembarang tempat,” tegasnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Hadi Sumarsono