Siapkan Ratusan Bukti untuk MA

Kami masih menyusun berkas, dokumen, dan bukti. Ada 120 item bukti kaitan dugaan pelanggaran.” Ahmad Halim, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pemakzulan politik terhadap Bupati Jember terus disusun oleh DPRD. Kabar terbaru, berkas yang rencananya akan dimasukkan ke Mahkamah Agung (MA) masih dalam proses penyusunan. Di dalam berkas itu nanti, DPRD mengklaim ada sekitar 200 bukti terkait dugaan pelanggaran sumpah dan janji.

IKLAN

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember Ahmad Halim menjelaskan, penyusunan bukti menjadi satu berkas belum tuntas. Tetapi demikian, Halim sempat membeber apa saja yang disiapkan. Salah satunya adalah 120 bukti dugaan pelanggaran. “Kami masih menyusun berkas, dokumen, dan bukti. Ada 120 item bukti kaitan dugaan pelanggaran,” ujarnya.

Selain itu, Halim menambahkan, ada sekitar 15 video yang juga menjadi bagian dari bukti untuk dimasukkan ke MA pula nantinya. “Dalam video itu juga ada pejabat yang berwenang. Tetapi tidak bisa kami tunjukkan sekarang,” paparnya kepada Jawa Pos Radar Jember.

Selain 120 bukti dan 15 video tersebut, Halim mengaku juga masih terdapat sekitar 80-an bukti pendukung lainnya. “Kalau sudah selesai, maka berkas atas bukti-bukti itu akan dimasukkan ke MA,” paparnya.

Terkait target penyelesaian berkas pemakzulan bisa masuk ke MA, Halim menegaskan, pihaknya belum memastikannya. Berdasarkan peraturan perundang-undangan, juga tidak ditemukan batasan yang mengatur kapan berkas hasil HMP harus sudah masuk ke MA. “Kami belum tahu kapan berkasnya selesai disusun. Tetapi, prediksi paling cepat baru selesai sebulan lagi,” jelas Halim.

Sementara itu, Bupati Jember dr Faida MMR beberapa kali menegaskan kepada sejumlah media bahwa pihaknya tetap fokus pada penanganan Covid-19, apalagi dia sebagai ketua tim gugus tugas. Sekalipun belum mengetahui apakah DPRD membawa hasil HMP ke MA, tetapi bupati menyatakan kesiapan untuk menghadapinya sesuai dengan peraturan hukum serta prosedur yang ada.

“Saya tidak tahu apakah dewan nantinya benar-benar akan mengirim berkas (hasil HMP, Red) itu ke MA. Namun, pada prinsipnya saya siap,” tegas Faida kepada sejumlah media, belum lama ini.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Nur Hariri
Fotografer: Istimewa