PMI kepada Koramil dan Polsek Silo

Serahkan Dua Unit Mesin Gergaji

SIMBOLIS: Ketua PMI H EA Zaenal Marzuki SH MH secara simbolis menyerahkan chainsaw kepada Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

RADAR JEMBER.ID – PMI Kabupaten Jember kian aktif terlibat dalam berbagai tindakan preventif kebencanaan. Terbaru, PMI Kabupaten Jember menyerahkan dua unit chainsaw (gergaji mesin) untuk antisipasi pohon tumbang di sepanjang jalur rawan longsor di Gunung Gumitir yang berbatasan dengan Banyuwangi. Dua unit chainsaw diserahkan kepada jajaran Koramil Silo dan Polsek Silo.

IKLAN

Dua unit chainsaw diserahkan langsung oleh Ketua PMI H EA Zaenal Marzuki SH MH kepada Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo. Penyerahan itu dilakukan dalam Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019 di Alun-Alun Jember, Selasa (28/5) kemarin.

Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki menjelaskan, bantuan chainsaw tersebut untuk dipergunakan jika sewaktu-waktu di Kecamatan Silo, khususnya di wilayah Gunung Gumitir, ada longsor disertai pohon tumbang. “Pihak Koramil atau Polsek Silo dapat menyelesaikan secara cepat sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana jika sewaktu-waktu terjadi di sepanjang Gumitir,” katanya.

Menurut dia, jika ada pohon tumbang dan masih menunggu alat dari Jember, memakan waktu cukup lama. Sebab, perjalanan dari Jember ke Silo kurang lebih 30 menit. Itu pun kalau lalu lintas lancar. “Kalau arus lalu lintas padat dan banyak kendaraan berat seperti bus atau truk tronton, bisa lebih lama,” imbuhnya.

Melihat itu, PMI Kabupaten Jember bikin terobosan dengan memberikan bantuan chainsaw di Polsek dan Koramil Silo. “Kami harap jika sewaktu-waktu ada pohon tumbang, bisa langsung segera teratasi dengan chainsaw yang ada di Silo,” ungkap pengacara senior Jember tersebut.

Dia menjelaskan, PMI kini lebih aktif dalam kegiatan kebencanaan. Baik yang sifatnya preventif maupun penanganan. “Kami punya relawan yang bisa digerakkan dalam kegiatan preventif maupun penanggulangan bencana. PMI berkoordinasi dengan pemangku kepentingan kebencanaan yang lain,” terangnya.

Sebelumnya, Humas PMI Jember Gufron Evian Efendi menjelaskan, PMI Kabupaten Jember membuka posko PMI yang akan dibuka di empat lokasi. Dengan demikian, pada saat libur hari raya atau mudik dan balik Lebaran nanti, PMI masih tetap buka.

“Ada empat posko yang dibuka. Dengan begitu, pegawai maupun relawan akan ada yang masuk. Tentu ada pengaturan sif yang sudah dirapatkan. Pada empat posko yang dibuka akan selalu ada yang standby,” kata Gufron. (*)

Reporter : Mahrus Sholih

Fotografer : Istimewa, Mahrus Sholih

Editor :