Berupa Paket Sembako dan Paket Belanja

Ramadan, RSBS Berbagi untuk Warga Sekitar

INDAHNYA BERBAGI: Pembagian bingkisan sembako dari RS Bina Sehat Jember kepada warga sekitar. Ini sebagai bentuk ibadah sosial saat bulan suci Ramadan.

JEMBER – Bulan Ramadan menjadi momentum yang pas untuk berbagi terhadap sesama. Berbagi paket sembako dan santunan untuk anak yatim piatu, misalnya. Itulah yang dilakukan RS Bina Sehat Jember beberapa waktu lalu. Aksi sosial itu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat tidak mampu yang bertempat tinggal di sekitar Lingkungan Condro dan Jember Kidul.

IKLAN

Direktur RS Bina Sehat Jember drg Yunita Puspita Sari P MKes mengatakan, kegiatan berbagi tersebut rutin dilakukan tiap tahunnya. Kali ini, kurang lebih sebanyak 294 paket sembako yang dibagikan, serta 20 anak yatim piatu yang mendapat santunan.

“Di bulan yang penuh berkah ini semoga mereka juga mendapatkan kebahagiaan. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, tentu banyak yang dibutuhkan. Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat meringankan mereka,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk santunan anak yatim yang diberikan dikemas dalam bentuk paket belanja kebutuhan Lebaran. Puluhan anak yatim piatu tersebut merupakan putra atau putri dari warga yang bertempat tinggal di sekitar RS Bina Sehat Jember dan berusia antara 4–13 tahun. “Kami mengutamakan mereka yang berada di dekat rumah sakit agar santunan yang diberikan benar-benar memberikan manfaat,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Pembina Yayasan RS Bina Sehat Jember Hj Widad yang hadir dan memberikan paket sembako secara langsung. Dijelaskannya, jika momen itu semakin mempererat tali silaturahmi antara sesama muslim. Apa yang dilakukan juga menjadi bagian mengamalkan nilai-nilai agama, termasuk di dalamnya berbagi pada sesama.

Sementara itu, Endang, salah satu penerima bantuan sembako, mengungkapkan rasa bahagianya. Ia juga merasa terbantu dengan adanya bantuan tersebut. “Saya sangat bersyukur dan terima kasih karena RS Bina Sehat berkenan membantu warga yang tidak mampu. Insyaallah, bantuan ini dapat menjadi berkah, baik bagi kami maupun RS Bina Sehat,” ungkap perempuan paruh baya itu.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh Dzakaria. Anak lelaki yang telah menjadi yatim piatu sejak kecil itu tak dapat menyembunyikan wajah bahagia. Sembari membawa paket belanja berupa baju koko dan baju lengan panjang, ia menyampaikan rasa syukur. “Alhamdulillah, senang sekali bisa punya baju Lebaran seperti yang lain,” ujarnya. (*)

Reporter : Mahrus Sholih

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih