Personal Branding Jadi Kunci Bisnis

INSPIRASI BISNIS: Braderkay saat memaparkan materi tentang personal branding di hadapan puluhan pelaku usaha di Jember.

RADAR JEMBER.ID – Dunia bisnis semakin menarik perhatian generasi milenial. Bahkan, mereka serius menekuni teknik pengemasan hingga strategi pemasaran yang lebih kekinian. Namun, ternyata tak banyak yang mengetahui jika untuk menjadi pebisnis andal masih dibutuhkan satu hal lagi, yakni personal branding.

IKLAN

Saat menjadi pembicara di salah satu hotel di Jember akhir-akhir ini, Braderkay, seorang brand specialist mengatakan, personal branding menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam dunia bisnis. Sebab, lebih menekankan kemampuan pelaku usaha membawa bisnis dan usahanya menjadi kian berkembang, serta mendapatkan omzet lebih banyak.

“Sebagai pengusaha, kita harus memetakan mana kompetitor, mana orang yang menjadi panutan,” ujarnya. Dia juga mengungkapkan, pentingnya mengetahui kompetitor ataupun lawan adalah untuk memacu semangat berbisnis lebih baik. Sedangkan panutan bisa menjadi contoh sukses dalam menggeluti bisnis yang ditekuni.

Di hadapan puluhan pelaku usaha Jember, Braderkay menjelaskan, personal branding meliputi banyak hal. Mulai dari kepiawaian komunikasi, menjalin relasi, hingga partisipasi dengan berbagai komunitas. “Kita harus tahu, ingin dikenal sebagai apa. Setelah tahu, maka konsistensi dan kualitas yang kita miliki harus dijaga,” imbuhnya.

Setelah citra personal itu dikenal, dia menambahkan, maka kepercayaan pelanggan akan semakin tinggi. Muaranya omzet bisa meningkat, yang diikuti dengan pengembangan bisnis yang digeluti. Oleh karenanya, dunia bisnis masa kini menjadikan personal branding sangat diperlukan. “Pebisnis itu banyak. Tapi setiap pelaku memiliki cara berbinis yang berbeda-beda. Dari situlah personal branding perlu dikenali dan diasah,” paparnya. (*)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Pradini Anjar Agustin

Editor : Mahrus Sholih