Konsep Ternak Lele Aquaponik

Kembangkan Lele Gunakan Ember

LELE AQUAPONIK: Budidaya lele aquaponik menggunakan media ember kini mulai banyak diminati. Hasilnya pun bisa untuk menambah pendapatan.

RADAR JEMBER.ID – Biasanya untuk membudidayakan ikan air tawar membutuhkan lahan yang luas. Namun demikian, keterbatasan lahan bukan berarti hambatan untuk memelihara ikan air tawar seperti Lele.

IKLAN

Seperti yang dilakukan oleh Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Muhammadiyah Jember. Selama enam bulan terakhir ini, mereka membuat terobosan budidaya lele aquaponik dalam ember. Ini merupakan jawaban untuk menyiasati keterbatasan lahan.

Muhammad Ilyas Alghoni, salah seorang pengurus Komisariat PMII Universitas Muhammadiyah Jember mengatakan, budidaya lele aquaponik memakai ember lebih praktis dan memiliki keuntungan ganda.

“Selain lele bisa dipanen juga bisa panen kangkung. Karena dipadukan dengan tanaman hidroponik. Tidak saja tanaman kangkung tapi bisa juga tanaman sayur lain seperti sawi,tomat, bayam dan selada. Sementara ini kita untuk hidroponiknya menanam kangkung,” terang Ilyas.

Mahasiswa semester empat Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember itu menceritakan, untuk memulai budidaya lele aquaponik tidak membutuhkan modal besar. Cukup dengan modal Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu, orang bisa memulai melakukan aktivitas pemeliharaan lele aquaponik.

“Uang sebesar itu untuk membeli ember ukuran besar yang mampu menampung air 80-90 liter, serta untuk membeli 100 ekor bibit lele,” ungkapnya.

Dalam budidaya Lele aquaponik ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti saat mengganti air, pemberian pakan, serta perlakuan saat panen.

“Setidaknya air diganti setiap dua minggu sekali agar lele tetap sehat dan pertumbuhannya normal. Untuk pemberian pakan dilakukan tiga kali sekali. Mengingat Lele itu bersifat kanibal jadi jangan sampai terlambat memberi pakan,” ujar Ilyas.

Apa yang dilakukan oleh mahasiswa itu, kini banyak ditiru oleh warga sekitar. Apalagi Lele merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dicari orang untuk dikomsumsi. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih