Jelang Akhir Ramadan di Ponpes Alqodiri Jember

Jamaah Jalani Ritual Riyadhoh 40 Hari Nonstop

KHUSUK: Jamaah mengikuti riyadhoh di Ponpes Al-Qodiri Jember. Ritual salat hajat, salat lailatul qodar, dan dzikir manaqib ini dipimpin oleh KH Achmad Muzakki Syah, pengasuh di pesantren setempat.

RADARJEMBER.ID – Hampir tiba di pengujung Ramadan 2019, Pondok Pesantren Alqodiri Jember terus menjalani riyadhoh. Kegitan ini untuk mengisi di bulan Ramadan dan 10 hari di bulan Syawal dalam penanggalan Islam. Ritual ini menjadi agenda rutin di pesantren yang juga memiliki perguruan tinggi tersebut.

IKLAN

Rektor STAI Al-Qodiri Jember Dr Asmad Hanisy mengatakan, riyadhoh 40 hari di bulan Ramadan dan Syawal sebagi bentuk memohon keselamatan dan barokah. Riyadhoh bisa diikuti seluruh masyarakat. “Memohon keselamatan dengan memohon kepada Allah agar mendapat keselamatan,” katanya.

Riyadhoh tersebut berisi ibadah-ibadah untuk melatih diri menjadi pribadi yang lebih baik. Seperti berdizir, manakib, berdoa, dan salat, serta sejumlah ritual agama lainnya. Kegiatan itu dimulai waktu zuhur sampai subuh. Jamaahnya tak hanya berasal dari Jember, tapi juga diikuti jamaah dari berbagi kota.

Busro Abadan, santri Alqodiri menyebutkan, riyadhoh pada dasarnya sebagai perbaikan diri melalui perbaikan ibadah. “Iya ini harus rutin dijalankan selama 40 hari,” paparnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih