Bangun Kecintaan agar Suka Datang ke Masjid

UNJUK KEBOLEHAN: Salah satu peserta tilawah Alquran menampilkan suara0 terbaiknya dalam kompetisi tilawah Alquran di Masjid Jami Balung.

RADAR JEMBER.ID – Mengisi bulan Ramadan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti lomba tilawah Alquran dan tahfiz. Acara yang dilaksanakan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan tersebut dianggap mampu menumbuhkan semangat religius bagi peserta maupun para unsur-unsur yang terkait lainnya.

IKLAN

Acara yang dilaksanakan di Masjid Jami Darul Muttaqin, Balung, itu menampilkan puluhan qari kecil yang berasal dari berbagai wilayah. Ketua Takmir Masjid Jamik Darul Muttaqin, Ustad Muhammad Nur Huda mengatakan, ada sekitar 49 siswa tingkat SD atau MI yang turut meramaikan festival tilawah Alquran itu.

Para peserta datang dari area Jember selatan seperti Wuluhan, Ambulu, Kencong, Puger, dan lain-lain. “Mereka beradu kemampuan dalam memberikan penampilan terbaik di hadapan dewan juri. Tajwid, suara, kefasihan, dan lagu menjadi kriteria utama penilaian,” tuturnya.

Dia meyakini, lomba-lomba tersebut bisa mendorong semangat anak-anak untuk lebih mencintai Alquran. “Dampak positifnya bukan hanya pada anak-anak, tapi juga bagaimana orang dewasa di sekitar masjid itu bisa mendengar kemeriahan di masjid dan mau datang ke masjid,” imbuhnya.

Tidak hanya menggelar lomba tilawah, pihaknya juga mengadakan lomba tahfiz Alquran yang diikuti oleh siswa tingkat SMP dan SMA. “Ini bagian dari memeriahkan Ramadan dan meramaikan masjid. Kami berharap acara sejenis ini bisa kembali diadakan dengan level yang lebih luas,” pungkasnya. (*)

Reporter : mg2

Fotografer :

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti