Minat Saja Tidak Cukup

JEMBER, RADARJEMBER.ID Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember mengumumkan pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Jember. Bagi yang berminat untuk bertanding, bisa ikut mendaftar sebagai pasangan calon. Meski demikian, minat saja tidak cukup. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasangan calon agar bisa melakukan pendaftaran.

Komisioner KPU Jember Ahmad Susanto menjelaskan, syarat pasangan cabup-cawabup untuk bisa mendaftar yakni dibedakan menjadi dua macam. Pertama, berkaitan dengan syarat dukungan, sedangkan yang kedua syarat khusus bagi pribadi-pribadi pasangan calon.

“Syarat pertama itu banyak disebut mau naik kendaraan apa. Kemudian, syarat yang kedua adalah khusus untuk calon seperti identitas, ijazah, harta kekayaan, serta yang lain,” ucap Santo.

Pada persyaratan pertama diketahui ada dua kendaraan. Yaitu melalui jalur perseorangan atau jalur partai politik. Jalur perseorangan sudah selesai. Tinggal mendaftar dengan membawa formulir BA7 KWK hasil dari verifikasi faktual terkait surat dukungan. “Walau sudah lolos verifikasi, pada saat pendaftaran nanti tetap wajib mendaftar,” bebernya.

Bagi tokoh yang akan menempuh jalur partai politik, maka pasangan bakal cabup-cawabup harus mendapat dukungan dari partai. Yakni minimal 20 persen dari jumlah kursi yang ada di DPRD atau minimal 10 dari total 50 kursi. Sementara itu, jika hitungan dukungannya menggunakan perolehan suara pada pemilihan legislatif lalu, maka minimal harus bisa mengumpulkan 25 persen suara partai politik.

“Setelah tiket kendaraan itu terpenuhi, maka pada saat mendaftar, mereka juga harus menyerahkan persyaratan pribadi. Siapa namanya, tinggal di mana, ijazah, serta persyaratan pribadi lainnya,” papar Santo.

Dia menyarankan, bagi para tokoh atau pasangan calon yang akan ikut dalam Pilkada Jember, akan lebih baik jika semua persyaratan itu dipersiapkan. “Kalau tiket kendaraan pasangan calon tidak mencukupi, maka tidak akan bisa menjadi calon,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in menegaskan, tahapan pendaftaran, penetapan pasangan calon, hingga pengumuman nomor urut disesuaikan dengan ketentuan yang diatur dalam PKPU. “Tahapan pendaftaran bisa melihat pengumuman. Apabila ada yang kurang jelas, bisa mengunjungi website kami atau datang langsung ke KPU Jember,” tegasnya.

 

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Nur Hariri
Fotografer: Grafis Reza