Sepeda Setinggi 1,7 Meter Jelajahi Bali

JADI DAYA TARIK: Kreativitas Ivan memodifikasi sepeda ontel mengundang perhatian banyak orang.

RADARJEMBER.ID – Ontelis di Kabupaten Jember semakin kreatif. Salah satunya adalah Komunitas Ontel Para Remaja Langsatan (Kopral).

IKLAN

Klub ontel asal Desa Langsatan, Kecamatan Jenggawah ini memiliki salah satu sepeda setinggi 1,7 meter. Mereka biasa menyebut, sepeda tingkat. Yakni dua sepeda pancal jenis laki dan perempuan dijadikan satu.

Ivan Nur Hambali, anggota komunitas itu menyebut, awalnya tidak ada niatan membuat sepeda setinggi lebih dari semeter. Sepeda itu murni dari gagasan murid kelas IX, MTs Miftahul Ulum, Pondok Labu, agar sepeda angin miliknya tampil beda.

“Dari rumah saya bawa dua sepeda ontel, yakni sepeda laki dan sepeda perempuan. Kedua sepeda ini dirakit di salah satu bengkel di kawasan Kecamatan Balung. Dijadikan sepeda susun. Pengerjaan membutuhkan waktu tiga hari,” ungkap Ivan.

Selain memiliki tinggi tidak lazim, keunikan lain sepeda bikinan Ivan itu adalah: rantainya menghadap ke atas dengan kemiringan 70 derajat.

“Tidak semua orang bisa menggunakan sepeda ini. Dibutuhkan keberanian. Karena postur sepeda tersebut cukup tinggi melebihi sepeda normal. Jadi agak susah untuk naik turunnya,” tukasnya.

Tidaklah mengherankan, bila sepeda nyeleneh menjadi pusat perhatian peserta gowes se Asia, tahun 2018, di Denpasar, Bali.

Dalam ajang mancal bareng di berbagai kota besar di Indonesia, komunitas ontel Jember Selatan ini selalu ikut ambil bagian.

Lagi-lagi sepeda ontel seukuran tinggi orang dewasa itu jadi tontonan. Bahkan ada yang ingin memilikinya, namun Ivan mengaku belum ada niatan sedikitpun untuk menjual sepeda kesayangannya itu.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Hadi Sumarsono