Drainase Limbah Pabrik Disidak

TINJAU LANGSUNG: Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mendatangi pabrik kayu di wilayah Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir. Pihaknya memberikan peringatan kepada pengelola pabrik atas sistem drainase limbah yang dianggap menyalahi aturan.

KUNIR KIDUL, RADARJEMBER.ID – Warga Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir sempat resah dengan sistem drainase limbah pabrik kayu PSI. Pasalnya limbah tersebut mengalir ke kawasan lahan milik penduduk setempat. Sehingga mengganggu aktivitas warga yang tinggal di kawasan tersebut.

IKLAN

Keresahan itu sempat muncul dalam grup Lapor Masyarakat. Menanggapi hal tersebut Bupati Lumajang Thoriqul Haq lantas melakukan inspeksi mendadak (sidak) drainase pengelolaan limbah pabrik pengolahan kayu di Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Rabu (27/5) lalu.

Pria yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengatakan, pembuangan limbah yang dimiliki pabrik tersebut dinilai melanggar aturan. Menurut Cak Thoriq, semua pabrik harus memiliki pengelolaan limbah drainase yang benar dan tidak meresahkan warga di sekitarnya.

“Saya melihat situasi di sini, tidak ada tata letak dari pabrik ini yang memikirkan soal drainase. Sehingga air mengalir ke lahan milik warga sekitar. Nah, yang tidak bener ya yang begini ini,” tegasnya.

Dirinya yang datang dalam inspeksi bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang serta Camat Kunir ini langsung memberikan peringatan atas pembuangan limbah yang mencemari lingkungan tersebut. Pihaknya juga meminta pengelola pabrik agar memperhatikan sistem drainase limbah pabrik kayu tersebut. (kl)

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter:
Fotografer: Istimewa