Mulai Matangkan Kesiapan Arus Lebaran

BANGUN POS : Salah satu titik pos di kawasan terminal minak koncar yang kemarin dibangun pos pantau arus mudik mulai dipersiapkan 

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Lebaran yang tinggal menghitung hari mulai dipersiapkan oleh sejumlah pihak. Tak terkecuali sari satuan lalu lintas polres Lumajang. Sejumlah pos mulai dibangun untuk dijadikan posko pemantauan dan istirahat pemudik.

IKLAN

Dalam menyikapi persoalan ini jajaran Satlantas Polres Lumajang mengaku akan all out memberikan pelayanan selama arus mudik lebaran. Berbagai upaya seperti pemetaan terhadap beberapa titik jalan yang selama ini menjadi penyebab kantong kemacetan sudah dilakukan.

Bahkan untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan beberapa pos pantau dan pos pam sudah didirikan guna memberi pelayanan maksimal selama arus mudik. “Kami sudah memetakan ruas titik mana saja yang sudah kita persiapkan dan antisipasi untuk kelancaran arus mudik lebaran. Kami tentu all out,” kata Kasatlantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atmagiri kemarin.

Keseriusan pihaknya dalam melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2019 untuk kesiapan arus mudik lebaran juga telah melibatkan berbagai pihak terkait. Diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI, Satgas Keamanan Desa hingga teknisi bengkel (montir). Kesemuanya itu nanti rencananya akan disebar di sejumlah pos yan (pos pelayanan terpadu) dan pos pam yang telah ditentukan.

Untuk itu, sebelum dilakukannya penyebaran sejumlah personil gabungan dari berbagai elemen terkait, proses penyelesaian pos yan akan diselesaikan malam ini. “Semuanya nanti kita sebar di sejumlah titik. Makanya pos yan yang ada di depan rumah makan Brasil sudah harus selesai malam ini. Karena besok kita sudah apel,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa saat ini induk pos pelayanan yang selama beberapa tahun lalu ditempatkan di depan terminal Minak Koncar, Wonorejo, kini telah dialihkan ke kawasan Klakah. Perubahan pos yan ini semata dilakukan untuk menyiasati jarak yang tidak terlalu terpaut jauh dari arah selatan dan utara. Kalau yang sebelumnya biasanya ada di depan terminal wonorejo, akan tetapi sekarang pos yan kita tempatkan di depan RM Brasil.

Ini karena dianggap pos yan depan RM Brasil cukup berada di tengah-tengah dari arah selatan dan utara. “Tentunya semuanya untuk mempermudah arus mudik selama lebaran,” imbuhnya.

Selain melakukan perubahan, dia mengatakan sudah membuat dua pos pam yang akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran selama arus mudik. “Pos pam di ujung utara tepatnya di pasar buah pisang sudah kita tempatkan, dan pos pam satunya berada di depan terminal Minak Koncar, Wonorejo,” papar Atmagiri.

Selain itu, pos pantau di tiga titik wilayah Kecamatan Klakah juga menjadi prioritas dari Satlantas. Hal ini mengingat seringkali terjadi penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan panjang di kawasan tersebut. “Pos pantau tiga titik di Klakah, seperti rel kereta api, tanjakan bang sri dan depan pom bensin Klakah juga sudah kita siapkan,” tambahnya.

Sementara untuk personil Satlantas yang saat ini berjumlah 105 akan dimaksimalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran. “Saat ini anggota personil Satlantas sebanyak 105. Kita akan all out, terutama bagi anggota laki-laki baik yang PNS maupun PHL tentu kita libatkan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Istimewa

Editor :