Mudik, Lengkapi Suku Cadang Motor

LARIS MANIS: Ali menjual suku cadang motor bekas di sekitar Pasar Tanjung atau pertokoan Jalan Johar, Kaliwates.

RADAR JEMBER.ID – Jalanan di Kabupaten Jember kerap padat kendaraan. Selain warga lokal yang beraktivitas, lalu-lalang kendaraan asal luar kota juga mulai tampak. Nah, bagi Anda yang akan bepergian jauh atau mudik, sebaiknya melengkapi suku cadang atau spare part motor terlebih dahulu.

IKLAN

Pentingnya kelengkapan suku cadang bukan saja untuk menghindari tindakan tegas aparat kepolisian alias di tilang. Akan tetapi, suku cadang yang lengkap setidaknya dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Menurut Ali, pedagang suku cadang motor bekas di sekitar Pasar Tanjung atau di Kampung Tengah, Jalan Johar, Kecamatan Kaliwates, selama bulan puasa ini dagangannya cukup laris. “Pembelinya bukan hanya orang tua. Anak-anak muda juga banyak yang ke sini,” katanya.

Ali menyebutkan, orang-orang yang dating membeli suku cadang motor memang bervariasi. Akan tetapi, sejumlah kali ini banyak yang membeli kaca spion. “Rata-rata karena mereka mau pergi ke rumah saudaranya. Ada juga yang mau mudik,” ucapnya.

Adanya pembeli suku cadang yang cukup banyak tersebut membuat Ali senang. Apalagi, sejumlah barang yang selama ini nyaris tak dilirik juga ada yang dibeli. “Bisaanya jarang yang mau membeli obeng atau baut. Tetapi sekarang ada saja. Mungkin karena mereka mau bepergian jauh,” ucapnya.

Ali menyebut, mengendarai kendaraan tanpa suku cadang yang lengkap memang berbahaya. Salah satu contohnya yaitu kaca spion. “Tanpa kaca spion, orang harus menengok ke belakang dulu. Tetapi dengan kaca spion, cukup melihat arah belakang dari kaca itu. Jadi, bisa untuk keselamatan. Apalagi kalau tidak pakai spion pasti melanggar hukum,” paparnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono