IKMBJ dan UMKM Niaga Jujur Santuni Janda dan Duafa

SEMANGAT BERBAGI: Anggota IKMBJ bersama UMKM Niaga Jujur saat membagikan sembako pada janda duafa

RADAR JEMBER.ID – Puluhan janda dan duafa dari beberapa kelurahan berkumpul di halaman kantor Jawa Pos Radar Jember, kemarin (27/5). Kehadiran mereka diundang oleh Ikatan Mahasiswa Bojonegero (IKMBJ) di Jember dan UMKM Niaga Jujur untuk mendapatkan sembako.

IKLAN

Wajah para janda dan duafa itu tampak semringah. Mereka rela datang dari Bintoro, Semeru, hingga beberapa kelurahan di Kecamatan Sumbersari.

Sebanyak 50 janda dan duafa juga begitu sabar menunggu hingga waktu berbuka. Sambil berlalu, dua komunitas yang peduli dengan kegiatan sosial ini mendatangkan penceramah, yakni Ustad Fitroni. Dia memberikan tausiah pada para janda dan duafa.

Usai azan berkumandang, mereka berbuka puasa bersama, salat bersama, lalu mengantre untuk mendapatkan sembako yang sudah disediakan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam IKMBJ.

“Ini baru pertama kali lakukan, tujuannya untuk membantu warga yang membutuhkan,” kata Dimas, ketua IKMBJ. Dia bersama 20 mahasiswa yang tersebar di sejumlah perguruan tinggi di Jember, mulai dari IAIN Jember, Universitas Jember, dan Politeknik Negeri Jember.

Mereka bersatu membentuk ikatan mahasiswa. Selain untuk memperkuat sesama warga Bojonegoro yang ada di Jember, juga untuk mengasah keterampilan hingga kepedulian kepada masyarakat luas. “IKMBJ sebagai rumah kedua kami di Jember,” tuturnya.

“Motivasi kami ingin berbagi pada orang membutuhkan,” tuturnya. Sebab, mereka ingin mencari kebaikan di bulan yang berkah. Apalagi momentum bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk berbagi. Kegiatan itu diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin.

Pembagian sembako itu merupakan sinergi antara IKMBJ dengan UMKM Niaga Jujur. Sulastri, ketua UMKM Niaga Jujur menambahkan bakti sosial tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. “Kami mengajak para pelaku UMKM untuk tidak lupa bersedekah,” ucapnya.

Menurut dia, ada 50 orang yang menerima santunan sembako itu. Mereka merupakan warga yang kurang mampu. “Kami ingin bisa berbagi pada warga, ini tiap tahun dilakukan,” ujarnya. Kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan kepedulian pada warga yang membutuhkan. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono