Matangkan Skenario PPDB

PELUANG TERBUKA: Di tengah pandemi Covid-19, mimpi anak-anak untuk bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah negeri tampaknya makin terbuka lebar. Sebab, Dinas Pendidikan memberi tambahan kuota untuk jalur khusus dan kelonggaran waktu pendaftaran.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2020 ini dipastikan sedikit berbeda. Ini setelah adanya jaminan penambahan kuota, khususnya di jalur prestasi. Di jalur khusus tersebut, pemerintah juga memberikan kelonggaran soal tenggat waktu.

IKLAN

Meski begitu, hingga saat ini belum ada sosialisasi mengenai rencana maupun mekanisme terkait PPDB 2020. sebab, sejauh ini sekolah-sekolah masih menyiapkan ujian kenaikan dan kelulusan siswa. “Karena saat ini semuanya masih fokus pada pembelajaran jarak jauh, ujian kenaikan kelas, dan kelulusan,” kata Edy Budi Susilo, Kepala Dinas Pendidikan Jember.

Direncanakan, kata Edy, persiapan PPDB 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Baik secara konsep, mekanisme, maupun kondisi di tengah pelaksanaannya. Pihaknya mengaku tengah menyiapkan skenario PPDB yang dimungkinkan bisa berjalan hingga pandemi Covid-19 berlalu. “Skenarionya, PPDB itu akan dilaksanakan pada 2 Juni sampai 30 Juni,” sambungnya.

Segala perencanaan itu diakuinya masih sebatas skenario. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada penambahan waktu. Selain itu, saat PPDB digulirkan, sudah banyak rangkaian agenda di dalamnya. Mulai dari tahapan sosialisasi hingga tahapan pelaksanaannya. Hanya saja, Edy tidak memerinci lebih jauh bagaimana pelaksanaan PPDB ini nantinya.

Ia mengatakan, meski segala upaya telah dimatangkan, namun di sisi lain pihaknya masih bisa memberikan kelonggaran waktu. Baik untuk siswa maupun sekolah. Ini agar mereka lebih leluasa dan bisa fokus mengurus ujian kenaikan dan kelulusan sekolah di situasi pandemi seperti sekarang ini. “Saat ini masih disiapkan konsep, infrastruktur, dan juknisnya. Semoga semua bisa lancar,” harapnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Mahrus Sholih