Akhir Pekan, Naik Ke Ijen Yuk

Sholikhul Huda/Radar Ijen
TAHUN LALU: Inilah Jazz D’Ijen tahun lalu. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati Gunung Ijen saja, melainkan ada even tahunan di Kecamatan Ijen. Yakni Jazz D’Ijen.

IKLAN

Akhir Pekan, Naik Ke Ijen Yuk
BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – Kawasan Ijen adalah kawasan wisata andalan untuk Bondowoso. Tidak salah jika eksotika dataran tinggi Ijen menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi akhir pekan ini, akan ada beberapa even di dataran tinggi Ijen. Yakni Petik Kopi dan Jazz D’Ijen. Dua acara besar ini akan dilaksanakan besok Sabtu (28/7).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Haeriyah Yuliati mengatakan, ada dua kegiatan yang diselenggarakan di Kecamatan Ijen. Yakni Festival Kopi Nusantara dan Jazz D’ Ijen. Harapannya dengan adanya dua kegiatan tersebut, bisa menjadi pengungkit pariwisata di Bondowoso. “Akhir pekan, waktunya refreshing ke Kecamatan Ijen,” ujarnya.

Sementara Kepala Disparpora Harry Patriantono mengatakan, khusus untuk Jazz D’ Ijen, akan menghadirnya Guest Star arti ibu kota. Yakni Tompi. Tentunya suguhan bintang tamu dari ibu kota Jakarta, bisa menjadi pengungkit wisatawan untuk menikmati dataran tinggi Ijen. “Even jazz kebanyakan berbayar, ini semuanya gratis,” tegasnya.

Dijelaskan, Bupati Amin Said Husni dari awal memang ingin membranding Bondowoso agar tidak hanya dikenal lokal saja. Namun lebih jauh dikenal nasional maupun internasional. Akhirnya tercetuslah kegiatan Jazz D’Ijen. “Untuk pagelaran tahun ini, selain menampilkan musisi lokal, juga akan kedatangan juara Jazz nasional,” jelasnya.

Dengan adanya gelaran ini, terbukti saat ini hotel di Ijen sudah full book. Namun bagi wisatawan bisa memanfaatkan rumah warga. Sebab warga di Kecamatan Ijen menyediakan rumah mereka untuk penginapan. Biasanya bahkan sampai ada pemesanan makan juga. “Dan cuacanya saat ini sangat dingin, harapannya yang mau nontot siap-siap saja,” tegasnya.

Memang adanya wisatawan yang pergi ke Kecamatan Ijen, harapan pemerintah Bondowoso adalah segi length of stay. Jadi ketika wisatawan lebih lama tinggal di Ijen, maka akan ada multiplier effect bagi masyarakat. “Dan itu pasti terjadi setiap tahunnya,” jelasnya.

Jazz D’Ijen ini akan dilaksanakan di belakang Hotel Arabica Home Stay dengan kapasitas penontot 500 orang. (*)

Penulis : Sholikhul Huda

Editor : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :