Korban Sempat Melawan

Rekonstruksi Kasus Tewasnya Pencari Telur Angkrang di Bangsalsari

REKA ULANG: Sanamin (baju oranye) mendorong Misnadin ke dalam sungai hingga tewas. Sebelumnya, kedua warga terlibat perkelahian di tegalan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Satreskrim Polres Jember menggelar reka ulang atau rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Misnadin, 53, warga Dusun Jatisari, RT 001/RW 005, Desa Tisnogambar, Kecamatan Bangsalsari, Jumat (26/6) siang kemarin.

IKLAN

Rekonstruksi bukan dilakukan di lokasi yakni sungai kecil susuk, di Dusun Maduran, RT 003/RW 001, Desa Tutul, Kecamatan balung. Tapi di tempat lain. ”Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar AKP Miftahul Huda, Kapolsek Balung, melalui Bripka Medi Siswanto, Kanitreskrim.

Selama proses rekonstruksi pengamanan cukup ketat. Bahkan, pengamanan juga melibatkan beberapa anggota resmob dan anggota polsek lain. Sedikitnya ada 15 adegan dalam pelaksanaan itu.

Rekonstruksi ini dilakukan guna untuk melengkapi hasil pemeriksaan terhadap tersangka. Dari 15 adegan ini hampir sama dengan hasil pemeriksaannya. ”Semua diakui pelaku saat menghabisi korban,” ujar kanitreskrim.

Pelaku atas nama Sanamin, 57, warga Dusun Maduran, RT 003/RW 001, Desa Tutul, Kecamatan Balung, ini awalnya melarang korban untuk mencari telur angkrang untuk pakan burung. Sanamin melarang mencari angkrang di tegalannya, karena bisa merusak bibit sawinya.

Namun, Misnadin tetap ngeyel. Sanamin mendekat yang nada-nadanya akan menggunakan kekerasan. Saat itulah korban sempat melawan dengan menggunakan bambu untuk mengambil telur tersebut. ”Dalam rekonstruksi, tersangka sempat menghindar, dan korban terus memukul tersangka,” ujar mantan Kanitreskrim Pakusari ini.

Karena korban terus menyerang, maka tersangka merebut potongan bambu yang dipegang korban. Selanjutnya, korban ditarik dan jatuh ke sungai kecil. Di sinilah Sanamin mendorong Misnadin hingga tenggelam dan tewas.

”Apa yang dilakukan oleh tersangka sudah sesuai dengan hasil pemeriksaan. Dalam adegannya, korban yang sudah tersungkur dan tenggelam beberapa menit kemudian sudah ditemukan meninggal,” jelas Medi. Selanjutnya, ada warga yang mencoba menolong dan melarikan korban ke RS terdekat. ”Rekonstruksi ini juga melibatkan Tim Inafis Polres Jember,” pungkas Medi.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Jumai
Fotografer: Jumai