PPDB Mulai Digulirkan Pekan Depan

MASIH LIBUR SEKOLAH: Menjalani masa liburan sekolah, siswa masih bisa melangsungkan pengurusan administrasi sekolah secara daring. Tak terkecuali pengurusan administrasi PPDB.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Penerimaan Peserta Dididik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 sudah di depan mata. Sejumlah persiapan diklaim lebih matang. Dan pada pekan depan menjadi awal permulaan tahapan PPDB.

IKLAN

Kepala Dinas Pendidikan Jember Edy Budi Susilo menjelaskan, tahapan PPDB awal yang akan digulirkan adalah pra sosialisasi yang sebenarnya sudah bergulir sejak beberapa hari lalu. Sosialisasi melalui pamflet-pamflet itu telah dilakukan sebelum memasuki Idul Fitri kemarin.

Lalu pada tahapan selanjutnya, akan dilanjutkan pada pekan ini. “PPDB, baik jalur prestasi, afirmasi, maupun perpindahan orang tua, dimulai sosialisasi pada 3-6 Juni mendatang,” jelas Edy. Pada tahapan itu, kata dia, merupakan awal mengenalkan sistem dan mekanisme PPDB kepada siswa atau calon wali siswa ke sekolah yang hendak dituju.

Setelah melalui tahapan itu, lanjut Edy, yakni memasuki tahapan pendaftaran yang direncanakan mulai 9-11 Juni mendatang. Kemudian, dilanjut dengan seleksi administrasi tanggal 12 Juni. “Pengumumannya untuk tiga jalur tadi (prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua, Red) pada tanggal 16 Juni,” sambungnya.

Ketiga jalur tersebut memang dioptimalkan pada tanggal 9 sampai 16 Juni. Dengan kurun waktu sekitar sembilan hari itu, Edy menilai menjadi waktu yang cukup. Mengingat berjalannya tahun ajaran baru yang sudah semakin dekat. Sementara untuk jalur zonasi, menunggu ketiga jalur itu selesai atau diperkirakan pada 17 Juni mendatang.

Lebih lanjut Edy mengimbau, agar setiap sekolah benar-benar mempersiapkan segala kebutuhan maupun administrasi PPDB. Sehingga bisa memudahkan siswa atau wali murid dalam menjangkau PPDB tahun ini.

 

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Maulana
Fotografer: Maulana