Kendaraan Barang Dilarang Beroperasi

Kecuali Pengangkut Kebutuhan Pokok

DEMI KELANCARAN: Kendaraan pengangkut barang tidak boleh beroperasi di Jalan Nasional pada saat arus mudik mulai 31 Mei sampai 2 Juni 2019 ini.

RADARJEMBER.ID – Arus mudik Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi bagi warga Indonesia, termasuk di Jember. Pada saat mudik berlangsung, kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya pun selalu menyemut.

IKLAN

Nah, agar jalanan tidak semakin sesak, pemerintah melarang kendaraan besar pengangkut barang beroperasi selama arus mudik berlangsung.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Hadi Mulyono menyebutkan, larangan operasi kendaraan pengangkut barang juga berlaku di Jember. Larangan tersebut berlaku di Jalan Nasional, terutama di Jalan Gunung Gumitir yang menghubungkan Jember-Banyuwangi.

“Tidak semua jalan dilarang. Untuk kendaraan pengangkut barang hanya dilarang melintas di jalan nasional dan untuk Jember khususnya jurusan Jember-Banyuwangi,” kata Hadi Mulyono kepada wartawan Jawa Pos Radar Jember.

Larangan kendaraan barang beroperasi menurutnya diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 37 tahun 2019 tentang Pengaturan Lalu Lintas pada Angkutan Lebaran. Dalam Permenhub ini pula diatur mengenai waktu larangan kendaraan barang beroperasi di jalanan nasional.

“Untuk pembatasan kendaraan barang dilakukan mulai Jumat tanggal 31 Mei pukul 00.00 sampai dengan Minggu 2 Juni 2019 pukul 24.00. Periode itu diprediksi merupakan waktu arus mudik lebaran yang terjadi di Jember maupun daerah lain,” jelasnya.

Meski kendaraan pengangkut barang dilarang, namun ada pengecualian khusus kendaraan pengakut barang kebutuhan pokok. Seperti kendaraan pengangkut air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, pos dan uang, bahan bakar minyak dan gas.

Selain itu, kendaraan pengangkut sembilan bahan pokok (Sembako) yaitu beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi dan ayam, telur ayam, susu, jagung, minyak tanah, garam beryodium, tetap diperbolehkan. “Khusus untuk kendaraan barang yang boleh masuk, harus tetap dilengkapi dengan surat muatan,” papar Hadi Mulyono.

Data yang berhasil dikumpulkan, pembatasan untuk kendaraan pengangkut barang melintas di Jalan Nasional juga diterapkan pemerintah saat arus balik nanti. Dalam Permenhub dijelaskan, larangan kendaraan barang beroperasi di jalan nasional yaitu tanggal 8 hingga 10 Juni 2019.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono