Antusiasme Mudik dan Balik Gratis

Belum Tutup Pendaftaran, Sudah Nyaris Penuh

RADAR JEMBER.ID – Angkutan mudik dan balik gratis menjadi alternatif masyarakat yang enggan berkendara sendiri ketika musim Lebaran tiba. Selain tak dikenai biaya, mereka biasanya memilih memanfaatkan layanan tersebut karena tak perlu merasa lelah menyetir jarak jauh. Meski begitu, para mudikers harus gercep alias gerak cepat jika ingin mudik gratis dengan bus, karena antusiasme masyarakat terhadap jenis moda transportasi ini sangat besar.

IKLAN

Salah satu penyedia layanan mudik dan balik gratis yaitu Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Perhubungan. Pemkab Jember rutin memfasilitasi mudik dan balik secara gratis setiap tahunnya. Sama seperti sebelumnya, antusias warga jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 ini pun tetap tinggi.

Seluruh armada bus yang disiapkan pemerintah terisi penuh untuk yang angkutan mudik, dan hampir penuh untuk angkutan balik. Bahkan, bisa dibilang masih kurang. Sebagian orang tidak sempat kebagian kursi duduk bus yang mudik karena kalah cepat saat mendaftar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jember Hadi Mulyono mengungkapkan, sepuluh armada bus tersebut akan diberangkatkan sesuai jadwal. Angkutan mudik itu dijadwalkan berangkat dari Jakarta menuju ke Jember dan dari Jember ke Sumenep, Madura. “Jurusan Jakarta-Jember akan diberangkatkan 1 Juni. Sedangkan jurusan Jember-Sumenep pada 2 Juni, masing-masing satu bus,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, armada bus lainnya yaitu akan disiapkan untuk arus balik yang rencananya akan diberangkatkan pada 9 Juni atau setelah Lebaran. Dengan rincian satu armada bus dengan rute Jember-Jogja, sedangkan sisanya yaitu tujuh bus untuk arus balik dengan rute Jember-Surabaya.

Berdasarkan jadwal dan fasilitas tersebut, Dishub optimistis seluruh warga yang ikut program tersebut akan bisa sampai ke tempat tujuan sesuai harapan. Terlebih lagi, hari raya diprediksi akan jatuh pada tanggal 5-6 Juni.

Hadi mengungkapkan, sepuluh armada bus untuk musik dan balik gratis tersebut seluruhnya didanai oleh negara. “Lima armada bus yang disiapkan didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember tahun 2019, dan sisanya dibantu dari APBD Provinsi Jatim,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono