Kereta dan Pesawat Berhenti Sementara

AKHIRNYA BERHENTI SEMENTARA: Kereta Api Ranggajati, relasi Jember-Cirebon, juga turut dihentikan sementara ini dalam masa mudik Lebaran 2020.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dua moda transportasi darat dan udara sama-sama berhenti beroperasi. Yaitu, Kereta Api (KA) dan pesawat. Per tanggal 25 April kemarin, PT. KAI Daop 9 Jember resmi menghentikan sementara seluruh operasional kereta penumpang.

IKLAN

Sebelumnya, Daop 9 Jember sempat menyisakan tiga perjalanan KA yang masih beroperasi. Yaitu, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon PP, KA Wijayakusama tujuan Ketapang Banyuwangi-Cilacap PP, serta KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya Gubeng PP. Namun, kemarin (25/4) tiga perjalanan KA itu akhirnya juga turut diberhentikan sementara.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

“Seluruh perjalanan KA penumpang dari dan menuju wilayah Daop 9 Jember, mulai 25 April hingga 31 Mei, kami hentikan sementara,” tutur Agus Barkah, Vice President PT KAI Daop 9 Jember.

Sebelumnya, pada tanggal 1 April, PT KAI Daop 9 Jember telah membatalkan 4 perjalanan KA, dan pada 15 April telah dibatalkan 5 perjalanan KA. Total 12 perjalanan KA yang beroperasi di wilayah Daop 9 dihentikan untuk sementara waktu.

Kebijakan atas pembatalan perjalanan KA tersebut nantinya tetap dievaluasi dari waktu ke waktu. Yakni, dengan tetap memperhatikan serta mempertimbangan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan. Dengan demikian, tidak tertutup kemungkinan bisa diperpanjang.

“KAI memohon maaf kepada para penumpang yang perjalanannya tertunda karena pembatalan perjalanan ini. Hal itu memang bertujuan untuk menghentikan persebaran Covid-19 di masa mudik lebaran tahun ini,” imbuh Agus.

Bagi calon penumpang yang batal berangkat, biaya tiket yang sudah dibeli akan dikembalikan 100 persen. Pembatalan tiket dapat melalui aplikasi secara daring maupun langsung ke loket stasiun. Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Sementara itu, pembatalan loket dapat dilakukan di semua stasiun. Baik KA jarak jauh maupun KA local. Maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking.

Sementara itu, sama halnya dengan kereta. Armada pesawat yang beroperasi di Jember pun sudah mulai tidak melayani penumpang lagi. Penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember sudah dihentikan sementara ini. Penghentian tersebut sudah dilakukan sebelum adanya larangan mudik dan peghentian penerbangan oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

Hal itu dibenarkan oleh Edy Purnomo, Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Jember. Dia menyatakan, satu-satunya maskapai yang terbang ke Jember, yakni Wings Air, sejak dua pekan lalu membatalkan penerbangannya. “Memang karena jumlah penumpangnya yang sangat sedikit. Hal itu arena adanya wabah korona ini,” ungkap Edy.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono