Satu Pasien Lumajang Positif Korona

DIJENGUK: Bupati Lumajang dan sejumlah pejabat teras pemkab ketika memantau perawatan pasien di RSUD dr Haryoto Lumajang, Jumat (27/3) siang. Mereka melihat ketersediaan alat dan penanganan pasien PDP

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Setelah hampir dua pekan melewati masa pencegahan penyebaran virus korona begitu massif, Lumajang kebobolan. Satu pasien dinyatakan positif korona. Saat ini pasien tersebut menjalani perawatan di RSUD dr Haryoto Lumajang.

IKLAN

Informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Semeru, memang sekitar jam 15.00 perkembangan rutin pencegahan dan penanganan korona diunggah di sejumlah media sosial. Disebutkan kategori orang dalam pemantauan (ODP) 74, pasien dalam pengawasan (PDP) 9 orang dengan seorang meninggal dunia. Dan positif korona masih nihil.

Namun, beberapa menit kemudian, di laman resmi pemprov terkait infocovid19.jatimprov.go.id disebutkan ada satu pasien Lumajang positif Covid 19. Disertai jumlah kategori ODP 74, dan jumlah PDP 8 orang. Unggahan itu pada Jumat (27/3), tepatnya jam 15.33 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr Bayu Wibowo membenarkan adanya satu pasien yang positif korona di Lumajang. “Iya benar. Pasiennya jenis kelamin laki-laki,” katanya. Saat ini yang bersangkutan sedang dirawat di RSUD dr Haryoto Lumajang.

Sebelumnya, statusnya masih kategori PDP. Namun, setelah keluar hasil laboratorium dipastikan oleh pemprov bahwa yang bersangkutan sudah positif korona.

Bayu menjelaskan, pasien tersebut masuk rumah sakit sudah lama. Perawatan juga pernah diisolasi di rumahnya. Sedangkan masuk rumah sakit sejak 20 Maret 2020 lalu. “Tidak dirujuk kemana-mana. Tetapi diisolasi di RS Haryoto sampai sekarang,” katanya. (*)

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan