PMI Ringankan Beban Korban Bencana Longsor

RINGANKAN BEBAN: Relawan PMI Jember menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga yang terdampak bencana longsor di Dusun Mojan, Kelurahan Bintoro, Patrang.

PATRANG.RADARJEMBER.ID- PMI Kabupaten Jember selalu proaktif menangani korban bencana alam. Salah satunya memberikan sumbangan sembako kepada Rasmat, korban bencana tanah longsor di RT 3 RW 2 Dusun Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang. Bencana itu terjadi, Jumat (21/2) sore lalu, sekitar pukul 17.30.

IKLAN

Material longsoran memasuki rumah korban, tepatnya tiga ruangan. Yaitu ruang tamu, kamar, dan dapur. Akibatnya, kondisi rumah rusak karena tembok rumah yang terbuat dari anyaman bambu jebol diterjang longsoran.

Untuk meringankan beban penderitaan akibat bencana tanah longsor tersebut, PMI Kabupaten Jember mendistribusikan paket sembako kepada keluarga Rasmat, Kamis (27/2). “PMI memberikam bantuan sembako untuk korban.Semoga bisa meringankan korban,” tutur Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki.

Tim PMI Kabupaten Jember menggunakan 4 armada roda 2 karena akses jalan tidak bisa menggunakan kendaraan roda 4.” Kondisi tanah yang licin mengharuskan petugas lebih berhati-hati. Dan kurang lebih 500 meter petugas PMI berjalan kaki karena medan terjal,” ujarnya.

Tim yang bertugas ke rumah korban antara lain Wachid Budhi Santoso, M. Ali Ridho, Faiturrahman, Ghufron Eviyan Efendi dan Yuli Santoso. “Tim relawan PMI Kabupaten Jember selalu sigap jika terjadi bencana alam,” terangnya.

Bahkan, PMI tetap mendirikan posko bencana di Markas PMI Kabupaten Jember di Jl Jawa. Selama 24 jam penuh, relawan selalu siaga. Jika sewaktu-waktu ada kejadian, tim relawan yang berjaga langsung meluncur. Tak hanya itu, sarana dan prasarana juga siaga. Mulai dari ambulans, motor bloodjet sampai gergaji mesin untuk memotong pohon. (*)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih