Operasi Bibir Sumbing Digelar 27 Juli 2019

Screening Bibir Sumbing: Pasien bibir sumbing yang telah mendaftar di-screening sebelum operasi di RSBS.

RADAR JEMBER.ID – Bibir sumbing adalah salah satu kasus kesehatan yang masih banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, khususnya pada anak-anak. Meski bibir sumbing dapat ditangani, tetapi ada sebagian besar yang tak teratasi karena keterbatasan kemampuan ekonomi. Karenanya, kondisi itu terus dialami hingga beranjak dewasa.

IKLAN

Jika itu dibiarkan, penderita tidak bisa makan dan bicara dengan benar, bahkan tak mampu bersekolah. Itulah mengapa, Rumah Sakit Bina Sehat Jember (RSBS) kembali menggelar operasi gratis bagi duafa untuk kasus bibir sumbing pada Sabtu (27/7) mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSBS dr Nunung Indriastutik menjelaskan, bibir sumbing adalah kelainan bawaan yang ditandai adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas. Celah tersebut dapat berada di tengah, kanan, atau kiri, termasuk di langit-langit mulut. Penyebabnya beragam, mulai dari kecenderungan genetik hingga faktor lingkungan atau nutrisi.

“Ada tantangan besar yang dihadapi penderita jika tidak segera ditangani. Selain terancam hidup dalam isolasi, seperti sulit berteman, mereka juga akan kesulitan makan, bernapas, bicara hingga kekurangan gizi,” jelasnya.

Nunung melanjutkan, penanganan terbaik untuk kasus sumbing ialah dengan operasi. Semakin cepat dioperasi, maka dampak dari kondisi sumbing dapat diminimalisasi. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua anak dengan sumbing akan mendapatkan penanganan yang sama. Bergantung usia dan seberapa parah kondisi sumbing yang dialami.

“Untuk pasien bayi yang akan dioperasi, minimal berusia 10 minggu, memiliki berat badan lebih dari 5 kg, dan dalam keadaan sehat, seperti tidak batuk atau flu. Maka dari itu, pasien yang sudah mendaftar nantinya akan di-screening terlebih dahulu,” lanjutnya.

Sementara itu, M. Aris Musaini, Kepala Bidang Pelayanan Pasien RSBS, mengungkapkan, sejak awal digelar hingga April lalu, ada ratusan pasien bibir sumbing yang telah dioperasi di RSBS. Pasiennya pun beragam, mulai bayi hingga dewasa. Ada yang cukup sekali hingga beberapa kali operasi. Sebab, ada yang sumbing pada bibir bahkan sumbing pada wajah.

“Oleh karena itu, siapa pun yang memiliki saudara, kerabat, atau tetangga yang menderita bibir sumbing, segera daftarkan untuk dioperasi di RSBS pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang,” tuturnya.

Pendaftaran dilakukan dengan menghubungi 0857 4987 7411 (Aris) atau datang langsung ke RSBS di Jl. Jayanegara 7 Kaliwates Jember, dengan membawa fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat keterangan tidak mampu. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi