Program LPPM Universitas Brawijaya

UMKM se- Pendalungan Dibekali Digital Marketing

TINGKATKAN POTENSI: Pelaku UMKM se-Pendalungan saat mengikuti FGD di Hotel Aston Jember yang digelar oleh LPPM Universitas Brawijaya.

RADARJEMBER.ID – Perhatian terhadap UMKM kian meningkat. Salah satunya dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya (UB). Bekerjasama dengan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, LPPM UB membekali pelaku UMKM dengan pengetahuan digital marketing atau pemasaran berbasis digital dalam acara Focus Group Discussion (FGD).

IKLAN

Ketua Tim Penelitian Pemetaan Karakteristik SDM LPPM UB Dodi Wirawan Irawanto, PhD, mengungkapkan, digital marketing yang disampaikan kepada peserta yang diikuti pelaku UMKM dari sejumlah kabupaten se-Pendalungan.

Meliputi Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Probolinggo, Bondowoso dan Banyuwangi ini, digunakan untuk mengembangkan potensi pelaku UMKM. “Kini, UMKM kian diminati generasi milenial sampai 25 persen. Oleh karenanya, keahlian SDM-nya pun harus didorong,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di tiga titik se-Jawa Timur tersebut, diikuti pelaku UMKM dari berbagai kabupaten. Melalui pertemuan tersebut, terdapat FGD dan penyebaran quisioner untuk pemetaan kondisi UMKM di Jawa Timur.

Nantinya hasil dari pertemuan dengan pelaku UMK tersebut akan menghasilkan sebuah buku saku. “Nantinya digunakan sebagai pedoman pelaku UMKM yang benar dan tepat bagaimana,” imbuhnya.

Dia berharap, buku saku tersebut mampu mengajak sinergi antar pemangku kepentingan terkait peningkatan UMKM. Baik secara knowledge, strategi pemasaran digital, maupun pemahaman analisa grafik secara digital. (kl)

 

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih