Anak TK Dikenalkan Huruf dan Angka Lewat Komputer

BELAJAR KOMPUTER: Di TK Siswa Rini I Jember, anak dikenalkan komputer. Mereka lebih bersemangat belajar di sekolah.

RADARJEMBER.ID – Model pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Katolik (TKK) Siswa Rini I, Jalan Kartini Jember, benar-benar canggih. Semuanya dilakukan melalui sentuhan teknologi komputer.

IKLAN

Kepala TKK Siswa Rini I Jember SR M Ines SPM, mengatakan, saat ini di lembaga pendidikan tersebut memiliki 24 peranti komputer. “Anak didik TKK Siswa Rini ada 113 orang. Semuanya belajar menggunakan computer. Mereka sengaja kami kenalkan komputer sejak dini agar mereka nantinya tidak gaptek,” kata Ines.

Ines menjelaskan, karena keterbatasan jumlah komputer, maka pihak sekolah sengaja membuat jadwal pembelajaran komputer secara bergantian. Apalagi, di TK ini pelajaran komputer merupakan kegiatan intra kurikuler. “Hal ini untuk menjawab tantangan zaman. Belajar komputer ini sengaja dibuat menyenangkan sehingga disukai oleh anak didik, sehingga tidak terkesan membosankan,” papar Ines.

Sementara itu, Cisilia Widyawati Pesik Panjouw, salah seorang guru di TK tersebut mengutarakan, anak didik tidak sekedar mengenal angka dan huruf lewat computer. Lebih dari itu, mereka juga bisa belajar Bahasa Inggris, mewarnai, konsep bilangan, menghubungkan gambar dan bayangan, serta budi pekerti, dan mengenal suara binatang.

“Murid disini kesemuanya sudah bisa komputer dan terlihat terampil. Karena saat ini penguasaan komputerse menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi saat ini semua sendi kehidupan bersentuhan dengan teknologi,” ungkap Cisilia.

TK Katolik Siswa Rini I termasuk lembaga pendidikan tertua di Jember. Karena tahun 2019 ini TK tersebut berusia 90 tahun. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih