Lumajang Penderita Kusta Tertinggi Kedua Se-Jatim

Gubernur Jatim Soekarwo

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Bupati baru, mandat baru dan harapan baru. Begitulah ungkapan dalam kata-kata pelantikan yang disampaikan Gubernur Jatim, dr Soekarwo. Khusus Lumajang, pesannya adalah menekan angka penderita kusta dan indeks pembangunan manusia (IPM).

IKLAN

Soekarwo yang melantik Thoriqul Haq MML sebagai bupati dan Ir Hj Indah Amperawati MSI sebagai wabup bersama 12 kabupaten lain memang sempat berpesan dari hasil evaluasi perangkat pemerintahan yang dia pimpin.

Sejumlah daerah dievaluasi dan diberikan tugas-tugas khusus. Seperti Sampang yang memiliki angka penderita kusta tertinggi, Malang yang memiliki angka pengangguran terbuka tertinggi, Probolinggo dan Bangkalan angka kemiskinan tinggi, dan juga daerah lain.

Nah, khusus Lumajang ternyata juga sama. Pakde Karwo berpesan, kesehatan Lumajang perlu diperhatikan. “Ada kusta di Lumajang. ada 164 kasus kusta. Ini menular,” ujarnya saat memberikan evaluasinya.

Di sela-sela itu, pakde memang sempat berkomentar dengan nada canda. “Pak Thoriq mudah-mudahan gakpapa ya,” ujarnya yang membuat suasana pelantikan di gedung negara Grahadi itu tergelak tawa. Kondisi kusta ini Lumajang tergolong tertinggi. Sebab, ada di urutan kedua terbanyak setelah Pamekasan dengan 272 kasus.

Selain kusta, sektor Pendidikan juga dievaluasi oleh pakde. Menurutnya, harapan sekolah di lumajang masih rendah. Dengan kisaran hgarapan lama sekolah 11,78%. Masih dibawah rata-rata provinsi. IPM juga demikian. “Perlu ditingkatkan lagi,” katanya.

Pakde juga berpesan, agar selama menjabat, Bupati dan Wabup bisa memperhatikan sejumlah hal. Diantaranya harus transpara dan akuntable mengutamakan fasilitas publik. Kedua, mengurangi angka kemiskinan, tingkatkan kerja, investasi dan revitalisasi pertanian. Ketiga adalah meningkatkan kualutas layanan publik dengan meniadakan pungli.

Selain itu juga berpesan untuk menjaga hubungan baik di jajaran forkopimda. “Tidak ada paksi-paksi. Setelah ini datangi forkopimda. Bicarakan banyak hal. Speak speak gitu loh,” candanya.

PERLU DIURAI : Bupati Lumajang H Thoriqul Haq MML dan Wabup Ir Hj Indah Amperawati usai pelantikan yang terkejut mendengar penyakit kusta tinggi

Terkait dengan tingginya penderita Kusta, Thoriq yang baru dua hari dilantiik mengatakan akan mengurai persoalan itu. “Kita akan urai di kecamatan mana penderita kustanya itu. Sekaligus apa penyebab dari kondisi geografisnya itu atau apa. Kita urai agar bisa diatasi dan penanganannya,” ujarnya. (*)

Reporter : Hafid Asnan
Fotografer : Hafid Asnan
Redaktur : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :