Warga Nekat Tutup TPA Pakusari

DIALOG: Polisi mengawal aksi warga di sekitar TPA Pakusari (25/7).

RADARJEMBER.ID – Puluhan warga yang ada di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dusun Sumberdandang, Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari akhirnya tetap menggelar aksi. Mereka mendatangi lokasi untuk menutup TPA Kamis (25/7) pagi.

IKLAN

Kedatangan puluhan warga itu untuk memberi dukungan kepada empat warga lain, yang sawahnya tercemari limbah pembuangan sampah yang luasnya 0,250 ha (seperempat hektare).

Karena sawah yang tercemari limbah itu tepat di samping tembok TPA, sehingga air limbahnya langsung mencemari sawah.

“Sehingga warga tidak bisa menanam padi, karena sawahnya tercemari air limbah dan menyebabkan tanaman rusak,” ujar perwakilan warga.

Sebenarnya warga yang sawahnya tercemari limbah ini cukup lama mengadukan ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Jember. Tetapi sampai saat ini belum ada kejelasan. Karena itu, mereka nekat melakukan aksi penutupan TPA.

Bahkan ada empat pemilik lahan yang sawahnya jadi korban longsor seluas 2,5 hektare. “Tanah yang longsor ini milik Dandi dan Untung,” ujarnya.

Dalam aksi itu, warga menutup pintu masuk TPA dengan menggunakan bambu. Selain itu juga memasang tulisan soal penutupan tersebut.

Aksi damai itu dikawal Kapolsek Pakusari AKP Yuliati dan anggota Koramil setempat. (jum/azi/hdi)

Reporter : Jumai, Nurul Azizah

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono