Hendak Mencuri, Pria Ini Dilawan Nenek

BABAK BELUR: Yuli Dwi Irwanto saat diamankan di Mapolsek Mayangan. Inset korban Hj Sutik yang berhasil menggagalkan aksi pencurian Irwanto. (Rizky Putra Dinasti/ Radar Bromo)

MAYANGAN-Aksi pencurian yang dilakukan Yuli Dwi Irwanto 27, asal Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo yang dilakukan Rabu (24/7) berhasil digagalkan. Itu setelah korban seorang nenek bernama Hj Sutik, 60 asal Jalan Ikan Tongkol, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo melakukan perlawanan .

IKLAN

Aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 10.00. Sutik saat itu meninggalkan toko kelontongnya untuk masuk ke rumah sebentar. Saat itulah, pelaku yang akrab disapa Irwanto itu beraksi.

Saat Tutik kembali, ia melihat Irwanto keluar dari tempat kotak uang di dalam toko. “Jadi, ketika saya tanya, dia bilang dengan nada tinggi jika mau beli rokok. Tapi, kok dia keluar dari dalam tempat menyimpan kotak uang?” terang Sutik saat ditemui di Mapolsek Mayangan.

Lantaran curiga, Sutik pun langsung memegang Irwanto. Namun, Irwanto melawan dan berupaya agar terlepas dari pegangan Sutik. Bahkan, Sutik dan Irwanto sempat terjatuh.

Yuli Dwi Irwanto saat dimintai keterangan petugas. (Rizky Putra Dinasti/ Radar Bromo)

“Jadi dia (Irwanto) Sempat mengeluarkan sebilah pisau, Namun saya langsung pegang dan terjatuh. Meski saya pegang, dia terus berusaha melarikan diri dengan menaiki sepeda motornya, akhirnya saya terjatuh dan kaki saya lecet,”cerita Sutik.

Melihat kondisi itu, sejumlah tetangga Sutik berupaya ikut menghadang Irwanto. Namun, pelaku berupaya menerobos dengan menabrak warga yang menghalanginya. Setelah terjatuh tiga kali, Irwanto pun akhirnya berhasil ditangkap.

Irwanto pun langsung mendapat bogem mentah dari sejumlah warga. Alhasil darah dari hidung dan mulutnya pun berceceran. Beruntung, petugas kepolisian segera datang, dan langsung membawanya ke Mapolsek Mayangan.

Menurut pengakuan Irwanto, ia awalnya hanya berniat untuk membeli rokok. Namun melihat kondisi toko sepi, niatan untuk mencuri pun muncul.

Sementara pisau yang dibawanya itu baru dibeli di pasar Gotong Royong. Ia sengaja membawa pisau lantaran memiliki musuh. Jadi, kemana-mana membawa pisau. “Saya mau beli rokok, karena sepi, jadi ada niatan ambil uang,” aku Irwanto di ruang penyidik Mapolsek Mayangan.

Sementara itu, Kapolsek Mayangan, Kompol Ahmaf Firman Wahyudi menerangkan, modus korban memang pura-pura beli rokok.

“Pelaku masuk ke dalam toko lalu mengambil uang hasil jualan. Nah saat itulah korban memergoki pelaku, korban teriak bahkan pelaku sempat hendak mengeluarkan pisau, beruntung akibat berjibaku dengan pemilik pisaunya jatuh,” kata Firman. (rpd/mie)

Reporter :

Fotografer :

Editor :