Blokade TPA hanya Berlangsung 3,5 Jam

AKSI WARGA: Sempat bersitegang, namun aksi warga di TPA Pakusari Kamis (25/7) berakhir damai.

RADARJEMBER.ID – Kamis (25/7) sekitar pukul 07.00 pagi TPA Pakusari diblokade puluhan warga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dusun Sumberdandang, Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari. Imbasnya, puluhan truk pengangkut sampah tidak bisa masuk ke lokasi TPA.

IKLAN

Tercium aroma menyengat dari sampah yang diangkut, disertai puluhan lalat yang semakin banyak mengerubungi.

Kedatangan puluhan warga tidak lain aksi atas pemilik sawah yang tercemari limbah pembuangan sampah di TPA tersebut. Sekitar 0,250 ha (seperempat hektare) lahan terdampak langsung.

Pukul 07.00, masih berjaga puluhan warga di lokasi TPA. Tak berselang lama, beberapa perwakilan dinas mulai dari camat, kapolsek, danramil, kabag perekonomian Jember, serta pejabat pengelola TPA hadir di lokasi.

Selanjutnya ada diskusi pertemuan antara perwakilan pemilik sawah dan dinas pemerintahan.

Sempat bersitegang, namun suasana diskusi mendapatkan berjalan damai dan menghasilkan kesepakatan. Pukul 10.30, blokade dibuka.

“Bukan hanya membiarkan (penanganan limbah) tapi masih dalam proses. Jadi Kita usulkan terkait aduan warga,” ujar Trias, kepala TPA Pakusari Jember.

Sementara Kapolsek Pakusari AKP Yuliati menjelaskan, akan ada pendampingan yang dilakukan terkait pengajuan kepada bupati. “Seperti penjelasan dari pihak TPA bahwa sudah adanya pengajuan terkait aduan warga. Kami akan terus mengawal,” paparnya.

Setelah blokade TPA Pakusari dibuka, puluhan truk pengangkut sampah sudah beroperasi secara normal.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Hadi Sumarsono